PROFIL PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI DI WILAYAH KERJA BALAI BESAR PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA MEDAN)
Main Article Content
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mempengaruhi berbagai sektor, salah satu contohnya adalah e-commerce. Tren e-commerce di masyarakat sangat menarik untuk diteliti, terutama profil, karakteristik, dan tren pemakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan e-commerce pada masyarakat di wilayah kerja Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan responden berusia antara 9 sampai 65 tahun. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposif pada 1968 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita berbelanja online lebih banyak daripada pria walaupun perbedaanya tidak terlalu signifikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan dan pendapatan lebih memungkinan seseorang untuk berbelanja online. Persentase tertinggi berbelanja online ditemukan pada kelompok usia 23-36 tahun. Pekerjaan wiraswasta dan pegawai swasta paling sering belanja online. Frekuensi responden yang melakukan belanja online dikategorikan sering. Smartphone merupakan gawai yang paling banyak digunakan oleh responden dalam melakukan belanja online. Responden cenderung memilih transfer bank untuk metode pembayaran. Jenis barang dan jasa yang lebih diminati adalah busana (fashion), perawatan/kosmetik, elektronik, dan jasa perjalanan.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
APJII. (2016). Infografis Pengguna & Prilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2016. Jakarta: Poling Indonesia.
Bagchi, K. & Mahmood, M. A. (2004). A Longitudinal Study of Business Model of On-Line Shopping Behavior Using a Latent Growth Curve Approach. Proceedings of the Tenth Americas Conference on Information Systems. New York, NY, 2004.
Bangkitnya Belanja Online di Sektor FMCG di Asia. (2017). Diakses tanggal 12 Desember 2017 dari: http://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/28/163208226/bangkitnya-belanja-online -di-sektor-fmcg-di-asia
Donthu, N. & Garcia, A. (1999). The Internet Shopper. Journal of Advertising Research Vol. 39, No. 3.
Feist, J. &Feist,G. J. (2010). Teori Kepribadian : Theories of Personality. Jakarta: Salemba Humanika.
Goble, F.G. (1987). Mahzab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.
Karimuddin, A. (2015). Survei: Di Tahun 2015, Metode Pembayaran Transfer Bank Masih Terpopuler untuk Belanja Online. Diakses pada tanggal 12 Desember 2017 dari: https://dailysocial.id/post/transfer-bank-2015
Kominfo. (2013). Potret Belanja Online di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Sarana Informatika
Korgaonkar, P. K. & Wolin, L. D. (1999). A Multivariate Analysis of Web Usage. Journal of Advertising Research Vol. 39, No. 2.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kozinets, R.V., dkk. (2010). Networked Narratives: Understanding Word-of-Mouth Marketing in Online Communities. Journal of Marketing. 74.2
Laudon, K., & Laudon, J. (2009). Management Information Systems: International Edition,11/E. UK: Pearson Higher Education.
Li, H., Kuo, C. & Russell, M. G. (1999). The Impact of Perceived Channel Utilities, Shopping Orientations, and Demographics on the Consumer's Online Buying Behavior. Journal of Computer-Mediated Communication, Vol. 5, No. 2.
Lubis, M. (2014). Konsumen Indonesia Mulai Menyukai Belanja Online . Diakses pada tanggal 12 Desember 2017 dari:http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/konsumen-indonesia-mulai-menyukai-belanja-online.html
Schiffman & Kanuk, A. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Setiawan, S.R.D. (2016). Kenali 5 Perilaku Konsumen Digital. Diakses pada tanggal 12 Desember 2017 dari: http://ekonomi.kompas.com/read/2016/01/18/134800426/ Kenali.5.Perilaku.Konsumen.Digital
Susskind, A. (2004). Electronic Commerce and World Wide Web Apprehensiveness: An Examination of Consumers' Perceptions of the World Wide Web. Journal of Computer-Mediated Communication, Vol. 9, No. 3.
Turban, E, dkk. (2006). E-commerce: A Managerial Perspective. London: Person.