PROFIL PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI DI WILAYAH KERJA BALAI BESAR PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA MEDAN)

Budiman S.Sos

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mempengaruhi berbagai sektor, salah satu contohnya adalah e-commerce. Tren e-commerce di masyarakat sangat menarik untuk diteliti, terutama profil, karakteristik, dan tren pemakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan e-commerce pada masyarakat di wilayah kerja Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan responden berusia antara 9 sampai 65 tahun. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposif pada 1968 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita berbelanja online lebih banyak daripada pria walaupun perbedaanya tidak terlalu signifikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan dan pendapatan lebih memungkinan seseorang untuk berbelanja online. Persentase tertinggi berbelanja online ditemukan pada kelompok usia 23-36 tahun. Pekerjaan wiraswasta dan pegawai swasta paling sering belanja online. Frekuensi responden yang melakukan belanja online dikategorikan sering. Smartphone merupakan gawai yang paling banyak digunakan oleh responden dalam melakukan belanja online. Responden cenderung memilih transfer bank untuk metode pembayaran. Jenis barang dan jasa yang lebih diminati adalah busana (fashion), perawatan/kosmetik, elektronik, dan jasa perjalanan.


Keywords


Profil Pengguna, E-Commerce, Belanja Online


References

APJII. (2016). Infografis Pengguna & Prilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2016. Jakarta: Poling Indonesia.

Bagchi, K. & Mahmood, M. A. (2004). A Longitudinal Study of Business Model of On-Line Shopping Behavior Using a Latent Growth Curve Approach. Proceedings of the Tenth Americas Conference on Information Systems. New York, NY, 2004.

Bangkitnya Belanja Online di Sektor FMCG di Asia. (2017). Diakses tanggal 12 Desember 2017 dari: http://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/28/163208226/bangkitnya-belanja-online -di-sektor-fmcg-di-asia

Donthu, N. & Garcia, A. (1999). The Internet Shopper. Journal of Advertising Research Vol. 39, No. 3.

Feist, J. &Feist,G. J. (2010). Teori Kepribadian : Theories of Personality. Jakarta: Salemba Humanika.

Goble, F.G. (1987). Mahzab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.

Karimuddin, A. (2015). Survei: Di Tahun 2015, Metode Pembayaran Transfer Bank Masih Terpopuler untuk Belanja Online. Diakses pada tanggal 12 Desember 2017 dari: https://dailysocial.id/post/transfer-bank-2015

Kominfo. (2013). Potret Belanja Online di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Sarana Informatika

Korgaonkar, P. K. & Wolin, L. D. (1999). A Multivariate Analysis of Web Usage. Journal of Advertising Research Vol. 39, No. 2.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kozinets, R.V., dkk. (2010). Networked Narratives: Understanding Word-of-Mouth Marketing in Online Communities. Journal of Marketing. 74.2

Laudon, K., & Laudon, J. (2009). Management Information Systems: International Edition,11/E. UK: Pearson Higher Education.

Li, H., Kuo, C. & Russell, M. G. (1999). The Impact of Perceived Channel Utilities, Shopping Orientations, and Demographics on the Consumer's Online Buying Behavior. Journal of Computer-Mediated Communication, Vol. 5, No. 2.

Lubis, M. (2014). Konsumen Indonesia Mulai Menyukai Belanja Online . Diakses pada tanggal 12 Desember 2017 dari:http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/konsumen-indonesia-mulai-menyukai-belanja-online.html

Schiffman & Kanuk, A. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Setiawan, S.R.D. (2016). Kenali 5 Perilaku Konsumen Digital. Diakses pada tanggal 12 Desember 2017 dari: http://ekonomi.kompas.com/read/2016/01/18/134800426/ Kenali.5.Perilaku.Konsumen.Digital

Susskind, A. (2004). Electronic Commerce and World Wide Web Apprehensiveness: An Examination of Consumers' Perceptions of the World Wide Web. Journal of Computer-Mediated Communication, Vol. 9, No. 3.

Turban, E, dkk. (2006). E-commerce: A Managerial Perspective. London: Person.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpikom.v18i2.1231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.