PESAN SPIRIT PEMBANGUNAN PADA HADIAH SEPEDA PRESIDEN JOKO WIDODO

Main Article Content

Mirza Shahreza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna konotatif di balik simbol hadiah sepeda yang selalu dibagikan oleh Presiden Joko Widodo. Riset ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi online dari fanpage Facebook dan Instagram Presiden Joko Widodo. Selanjutnya data dianalisis dengan metode semiotika yang memadukan pendekatan Charles Kay Ogden dan Ivor Armstrong Richard dengan Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian menyatakan bahwa makna konotasi dari hadiah sepeda yang diberikan kepada masyarakat oleh Presiden Joko Widodo adalah sebuah spirit pembangunan dengan  nilai-nilai tertentu yang dapat memberikan kekuatan dalam membangun bangsa dan negara dan sekaligus memberi contoh dan meningkatkan spirit bagi seluruh rakyat Indonesia.

Article Details

Section
Articles

References

Calprice, Alice. (2011). The Ultimate Quotable Einstein. Princeton University Press.

Faatir, Ahmad. (2016). Analisis Semiotika Kepemimpinan Presiden Jokowi Pada Ilustrasi Sampul Majalah Gatra tahun 2015. Jurnalistik. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidyatullah Jakarta (Skripsi).

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Lelapary, Fransisco. (2015). Jokowi Dalam Televisi (Analisis Semiotik Konstruksi Pesan Komunikasi Non Verbal Jokowi Dalam Program Berita Feature “Gebrakan Jokowi” Di MetroTV).Prodi Ilmu Komunikasi. Fakultas Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Skripsi).

Lessing, Hans Erhard. (2010). Karl Drais-Zwei Rader statt vier Hufe, Karlsruhe: G.Braun Buchverlag

Mardikanto, Totok. (2010). Komunikasi Pembangunan: Acuan Bagi Akademisi, Praktisi, dan Peminat Komunikasi Pembangunan. Surakarta: UNS Press

Nashirussolah; Diahloka, Carmia; Widodo, Herru Prasetya. (2014). Analisis Semiotika Pencitraan Jokowi. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 3, No. 2.

Nasution, Zulkarimen. (2007). Komunikasi Pembangunan: Pengenalan teori dan Penerapannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nimmo, Dan. (2005). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nisa, Ishmatun. (2014). Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film Jokowi. KPI. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidyatullah Jakarta (Skripsi).

Osborne, Richard dan Borin Van Loon. (1996). Sociology for Biginners. Cambridge: Icon Books Ltd

Pattiasina, Giovanny. (2015). “Analisis Semiotika Karikatur Jokowi Di Inilah.Com Dalam Sub-Kanal Berita Karikatur Editorial Sebagai Media Kritik Politik”. Ilmu Komunikasi Pemasaran. Universitas Bina Nusantara (Skripsi).

Ruben, Brent dan Lea P. Stewart. (2016). Komunikasi dan Perilaku Manusia (edisi kelima). Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Internet

Kamus Besar Bahasa Indonesia (online), Tersedia dari : https://kbbi.web.id/hadiah, di akses 27/12/2017

________________________________________ https://kbbi.web.id/spirit , di akses 27/12/2017

Pidato Presiden Sukarno “Nawaksara”, Tersedia dari: http://nasionalisme.id/news/pidato_presiden_sukarno_nawaksara/2014-09-08-4 , diakses 29/12/2017