PESAN SPIRIT PEMBANGUNAN PADA HADIAH SEPEDA PRESIDEN JOKO WIDODO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna konotatif di balik simbol hadiah sepeda yang selalu dibagikan oleh Presiden Joko Widodo. Riset ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi online dari fanpage Facebook dan Instagram Presiden Joko Widodo. Selanjutnya data dianalisis dengan metode semiotika yang memadukan pendekatan Charles Kay Ogden dan Ivor Armstrong Richard dengan Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian menyatakan bahwa makna konotasi dari hadiah sepeda yang diberikan kepada masyarakat oleh Presiden Joko Widodo adalah sebuah spirit pembangunan dengan nilai-nilai tertentu yang dapat memberikan kekuatan dalam membangun bangsa dan negara dan sekaligus memberi contoh dan meningkatkan spirit bagi seluruh rakyat Indonesia.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Calprice, Alice. (2011). The Ultimate Quotable Einstein. Princeton University Press.
Faatir, Ahmad. (2016). Analisis Semiotika Kepemimpinan Presiden Jokowi Pada Ilustrasi Sampul Majalah Gatra tahun 2015. Jurnalistik. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidyatullah Jakarta (Skripsi).
Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Lelapary, Fransisco. (2015). Jokowi Dalam Televisi (Analisis Semiotik Konstruksi Pesan Komunikasi Non Verbal Jokowi Dalam Program Berita Feature “Gebrakan Jokowi” Di MetroTV).Prodi Ilmu Komunikasi. Fakultas Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Skripsi).
Lessing, Hans Erhard. (2010). Karl Drais-Zwei Rader statt vier Hufe, Karlsruhe: G.Braun Buchverlag
Mardikanto, Totok. (2010). Komunikasi Pembangunan: Acuan Bagi Akademisi, Praktisi, dan Peminat Komunikasi Pembangunan. Surakarta: UNS Press
Nashirussolah; Diahloka, Carmia; Widodo, Herru Prasetya. (2014). Analisis Semiotika Pencitraan Jokowi. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 3, No. 2.
Nasution, Zulkarimen. (2007). Komunikasi Pembangunan: Pengenalan teori dan Penerapannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nimmo, Dan. (2005). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nisa, Ishmatun. (2014). Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film Jokowi. KPI. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidyatullah Jakarta (Skripsi).
Osborne, Richard dan Borin Van Loon. (1996). Sociology for Biginners. Cambridge: Icon Books Ltd
Pattiasina, Giovanny. (2015). “Analisis Semiotika Karikatur Jokowi Di Inilah.Com Dalam Sub-Kanal Berita Karikatur Editorial Sebagai Media Kritik Politik”. Ilmu Komunikasi Pemasaran. Universitas Bina Nusantara (Skripsi).
Ruben, Brent dan Lea P. Stewart. (2016). Komunikasi dan Perilaku Manusia (edisi kelima). Jakarta: Rajawali Pers.
Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya
Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia
Internet
Kamus Besar Bahasa Indonesia (online), Tersedia dari : https://kbbi.web.id/hadiah, di akses 27/12/2017
________________________________________ https://kbbi.web.id/spirit , di akses 27/12/2017
Pidato Presiden Sukarno “Nawaksara”, Tersedia dari: http://nasionalisme.id/news/pidato_presiden_sukarno_nawaksara/2014-09-08-4 , diakses 29/12/2017