PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN I KUBUNG KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang peran penggunaan smartphone dalam mendukung prestasi belajar siswa. Metodologi penelitian menggunakan model desain dominan-kurang dominan yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survey, selanjutnya melakukan pendekatan kualitatif dengan melakukan FGD kecil dengan 8 orang responden yang berprestasi dari 52 orang responden keseluruhan. Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalah SMPN I Kubung Kabupaten Solok Sumatera Barat. Sementara teori yang digunakan adalah Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Dan analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis melalui pemaparan tabel tunggal untuk menggambarkan penggunaan smartphone dalam mendukung prestasi belajar siswa. Temuan dalam penelitian ini, meskipun smartphone sangat terbatas penggunaannya oleh siswa bahkan sangat ketat namun responden setuju bahwa dengan menggunakan layanan dari smartphone dapat meningkatkan nilai/point pelajaran yang diperoleh dari proses belajar. Ada bedanya siswa yang menggunakan smartphone dengan yang tidak menggunakan smartphone, mereka yang menggunakan smartphone lebih pintar, lebih luas wawasannya dan pengetahuannya juga lebih baik.Terbukti dari hasil FGD kecil yang dilakukan kepada 8 orang responden yang berprestasi/rangking didapati jawaban bahwa ada yang rangkingnya naik, rangkingnya tetap, rangkingnya naik turun, meskipun ada juga yang mengatakan rangkingnya turun namun masih tetap rangking.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Creswell, J. (2002). Research Design. Jakarta: KIK Press.
Effendy, O. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Effendy, O. (2007). Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamdu, G. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No.1.
Mc.Quail, D. (2002). Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga
Pendit, PL. (2006). Ragam Teori Informasi. Jakarta: Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia.
Prasetya, D. (2013). Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Rakhmat, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sendjaja, S. D.( 2005). Teori Komunikasi. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.