PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN I KUBUNG KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT

Idawati Pandia

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran penggunaan smartphone dalam mendukung prestasi belajar siswa. Metodologi penelitian menggunakan model desain dominan-kurang dominan yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survey, selanjutnya melakukan pendekatan kualitatif  dengan melakukan FGD kecil dengan 8 orang responden yang berprestasi dari 52 orang responden keseluruhan. Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalah SMPN I Kubung Kabupaten Solok Sumatera Barat. Sementara teori yang digunakan adalah Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Dan analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis melalui pemaparan tabel tunggal untuk menggambarkan penggunaan smartphone dalam mendukung prestasi belajar siswa. Temuan dalam penelitian ini, meskipun smartphone sangat terbatas penggunaannya oleh siswa bahkan sangat ketat namun  responden setuju bahwa dengan menggunakan layanan dari smartphone dapat meningkatkan nilai/point pelajaran yang diperoleh dari proses belajar. Ada bedanya siswa yang menggunakan smartphone dengan yang tidak menggunakan smartphone, mereka yang menggunakan smartphone lebih pintar, lebih luas wawasannya dan pengetahuannya juga lebih baik.Terbukti dari hasil FGD kecil yang dilakukan kepada 8 orang responden yang berprestasi/rangking didapati jawaban bahwa ada yang rangkingnya naik, rangkingnya tetap, rangkingnya naik turun, meskipun ada juga yang mengatakan rangkingnya turun namun masih tetap rangking.  


Keywords


Penggunaan Smartphone, Prestasi Belajar, Siswa


References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Creswell, J. (2002). Research Design. Jakarta: KIK Press.

Effendy, O. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Effendy, O. (2007). Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamdu, G. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No.1.

Mc.Quail, D. (2002). Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga

Pendit, PL. (2006). Ragam Teori Informasi. Jakarta: Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia.

Prasetya, D. (2013). Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Rakhmat, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sendjaja, S. D.( 2005). Teori Komunikasi. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpkp.v15i2.1330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.