PERSEPSI MAHASISWA BATAK TENTANG GAYA KOMUNIKASI WARGA KECAMATAN SEWON, YOGYAKARTA

Oktolina Simatupang

Abstract

Penemuan teknologi transportasi seperti pesawat terbang memudahkan manusia untuk berpindah dari satu daerah ke daerah lain dengan mudah. Pendidikan menjadi salah satu alasan terjadinya perpindahan seperti mahasiswa Batak yang pindah ke Kecamatan Sewon untuk kuliah.Mahasiswa Batak yang berada di Kecamatan Sewon tidak bisa menghindar dari proses komunikasi dengan warga lokal. Mereka harus berkomunikasi dengan warga Kecamatan Sewon yang adalah suku Jawa yang memiliki perbedaan dalam hal gaya komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Batak tentang gaya komunikasi warga Kecamatan Sewon, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi kepustakaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dari informan berbeda-beda karena memang persepsi bersifat subjektif.Persepsi informan meliputi aspek pada gaya komunikasi yaitu: gaya verbal (menggunakanBahasa Jawa) dan gaya non-verbal (Bahasa tubuh, nada suara dan volume suara).


Keywords


Persepsi; Mahasiswa Batak; Gaya Komunikasi;


References

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

DeVito, J.A. (1997). Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Professional Books.

Fajar, A&Dwi Y. (2011). Pengaruh Pemberitaan Surat Kabar Kompas, Seputar Indonesia, dan Media Indonesia Terhadap Persepsi Masyarakat Pengguna Tabung Gas.Jurnal Komunikasi, Volume 1(2), hal.171-182.

Kasidi. (2013). Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK). Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol. XX, No. hal. 45-55.

Kriyantono, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group.

Luthfi, A & Atika W. (2011). Persepsi Masyarakat Sekaran Tentang Konservasi Lingkungan. Jurnal Komunitas, Volume 3 (1), hal.29-39.

Martin, J.N. &Nakayama, T.K. (2003).Intercultural Communication in Contexts, Third Edition. New York: McGraw-Hill.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D.&S Jalaluddin R. (2005). Komunikasi Antarbuaya Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2001). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer

Relationship Strategy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, R. (2004). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpkp.v16i2.1348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.