PERSEPSI MAHASISWA BATAK TENTANG GAYA KOMUNIKASI WARGA KECAMATAN SEWON, YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Penemuan teknologi transportasi seperti pesawat terbang memudahkan manusia untuk berpindah dari satu daerah ke daerah lain dengan mudah. Pendidikan menjadi salah satu alasan terjadinya perpindahan seperti mahasiswa Batak yang pindah ke Kecamatan Sewon untuk kuliah.Mahasiswa Batak yang berada di Kecamatan Sewon tidak bisa menghindar dari proses komunikasi dengan warga lokal. Mereka harus berkomunikasi dengan warga Kecamatan Sewon yang adalah suku Jawa yang memiliki perbedaan dalam hal gaya komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Batak tentang gaya komunikasi warga Kecamatan Sewon, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi kepustakaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dari informan berbeda-beda karena memang persepsi bersifat subjektif.Persepsi informan meliputi aspek pada gaya komunikasi yaitu: gaya verbal (menggunakanBahasa Jawa) dan gaya non-verbal (Bahasa tubuh, nada suara dan volume suara).
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
DeVito, J.A. (1997). Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Professional Books.
Fajar, A&Dwi Y. (2011). Pengaruh Pemberitaan Surat Kabar Kompas, Seputar Indonesia, dan Media Indonesia Terhadap Persepsi Masyarakat Pengguna Tabung Gas.Jurnal Komunikasi, Volume 1(2), hal.171-182.
Kasidi. (2013). Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK). Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol. XX, No. hal. 45-55.
Kriyantono, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group.
Luthfi, A & Atika W. (2011). Persepsi Masyarakat Sekaran Tentang Konservasi Lingkungan. Jurnal Komunitas, Volume 3 (1), hal.29-39.
Martin, J.N. &Nakayama, T.K. (2003).Intercultural Communication in Contexts, Third Edition. New York: McGraw-Hill.
Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D.&S Jalaluddin R. (2005). Komunikasi Antarbuaya Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2001). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer
Relationship Strategy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ruslan, R. (2004). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.