KOMUNIKASI KELUARGA LINTAS NEGARA: STUDI KASUS TENTANG PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI KELUARGA TENAGA KERJA WANITA INDONESIA

Roro Retno Wulan, Itca Istia Wahyuni

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus tentang bagaimana Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia asal Pantura Jawa Barat, Indonesia, dalam berkomunikasi dengan keluarga yang ditinggalkan di Indonesia saat menjalani kehidupan kerjanya di negara tetangga dengan menggunakan media sosial. Blackberry Messenger (BBM) sebagai salah satu media sosial menjadi alat yang dipakai dalam berkomunikasi dengan keluarga selain Facebook, Skype dan Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan faktor-faktor yang menjadi simpul-simpul dalam menjalin komunikasi antar anggota keluarga. Sebagai sebuah penelitian yang menggunakan pendekatan studi kasus, di mana informasi dan data penelitian ini digali dari hasil observasi di akun media sosial mereka dan wawancara langsung dengan informan, didukung dengan informasi dari keluarga terdekat sebagai bentuk uji validitas dari informasi yang diberikan oleh nara sumber. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu menjelaskan keuntungan ataupun kekurangan penggunaan media sosial dalam komunikasi keluarga terutama bagi keluarga yang menjalani kehidupan terpisah secara geografis.


Keywords


Media Sosial; Komunikasi Keluarga: Tenaga Kerja Wanita;


References

Baran, S. J., Dennis K., Davis. (2010). Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika.

David R. Z. (2012) “Youth & New Media: Studying Identity & Meaning in an Evolving Media Environment”. Communication Research Trends. Vol. 31(4)

Denzin, N.K., Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Potter, J. (1998). Media Literacy. India, New Delhi : Sage Publications.

Silverblatt, A. (2014). Media Literacy: Keys to Interpreting Media Messages. NY: Praeger Publications

Wulan, R. R. (2014) ”Kesirian: Fenomena Bias Gender dan Komodifikasi Peran Perempuan Masyarakat Pantura (Subang dan Indramayu)” Prosiding Penelitian PNBP FIKOM UNPAD, 6 November 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpkp.v16i2.1349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.