SURVEI KEBUTUHAN INFORMASI BIDANG KEMARITIMAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Ali Murtadha

Abstract

Kebutuhan Informasi di Bidang Kemaritiman sangat dibutuhkan untuk masyarakat pesisir sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam memberikan nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat pesisir di Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai pada umumnya akan mencari informasi kemaritiman bila ingin menjawab suatu pertanyaan, mencari fakta, memecahkan masalah, mengambil keputusan, memahami sesuatu dan lain sebagainya. Kebutuhan informasi di bidang kemaritiman akan mempengaruhi masyarakat  pesisir di Kabupaten Serdang Bedagai dalam menentukan informasi apa saja yang menjadi kebutuhan mereka dan bagaimana mendapatkan informasi tersebut agar bermanfaat bagi kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat pesisir. Survei ini merupakan penelitian eksploratif, karena hanya mengumpulkan data dan tidak menggunakan hipotesa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan kesadaran akan pentingnya Kebutuhan Informasi di Bidang Kemaritiman pada masyarakat pesisir di Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai cukup tinggi dan sangat bervariasi tergantung pada latar belakang pendidikan masyarakat pesisir dan kegiatannya sehari-hari yang bertujuan untuk menciptakan peluang bagi masyarakat pesisir dalam menentukan kebutuhannya, merencanakan dan melaksanakan kegiatannya, yang akhirnya menciptakan kemandirian permanen dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.


Keywords


Kebutuhan Informasi; Bidang Kemaritiman; Pemberdayaan Masyarakat;


References

Cernea, N. E. L., (2002), Pariwisata Bahari; Pemanfaatan Potensi Wilayah Pesisir Dan Lautan, Bogor.

Dahuri, R., (2014), Membangun Indonesia sebagai Negara Maritim yang Maju, Adil-makmur, kuat, dan Berdaulat Rembuk Nasional dan Seminar Kebangsaan Laut sumber Kemakmuran dan Kedaulatan Bangsa” Pemuda Kawasan Timur Indonesia.

Efrizal, (2014), Pembangunan Kelautan Dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat Pesisir.

Pendit, P. T., (1992). Makna informasi: Lanjutan dari sebuah perdebatan, dalam: Kepustakawan Indonesia: Potensi dan tantangan. Bangun, Antonius (eds). Jakarta: Kesaint Blenc.

Suwanto, S. A., (1997). Studi Tentang Kebutuhan dan Pencarian Informasi bagi Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Tesis. Jakarta : Universitas Indonesia

Yusup, P. M., (2009). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Line dalam lallo, 2002

http://serdangbedagaikab.go.id

https://www.researchgate.net/publication/42356422_Strategi_Nelayan_Tradisional_Dalam_Meningkatkan_Ekonomi_Keluarga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpkp.v16i2.1352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.