FENOMENA TRENDING TOPIC DI TWITTER: ANALISIS WACANA TWIT #SAVEHAJILULUNG

Christiany Juditha

Abstract

Media sosial Twitter paling aktif digunakan di Indonesia.Penggunanya kerap terlibat dalam topik yang sedang hangat dibicarakan di dunia maya.Tidak heran jika trending topicTwitter banyak didominasi oleh topik asal Indonesia.Fenomena yang melahirkan kebebasan berpendapat di media sosial ini juga memunculkan masalah dimana jika ada topik tertentu yang tidak disukai maka tanpa sungkan para netizen ramai-ramai mem-bully pihak-pihak tertentu salah satunya pada kasus Haji Lulung. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran tentang analisis wacana twit #SaveHajiLulung yang menjadi trending topic di Twitter. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi wacana van Dijk yaitu struktur makro, super struktur dan struktur mikro. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tema yang paling menonjol adalah pengambaran sosok Haji Lulung secara negatif (sindiran) oleh para netizen.Skema pendapat netizen ini mengikuti perkembangan isu kasus setiap harinya. Ada proses dimana wacana Haji Lulung ini pertama kali bergulir di media massa yang kemudian banyak mendapat tanggapan netizen. Proses wacana semakin berkembang menjadi tidak sekedar postingan twit dan retwit saja, namun diikuti dengan meme (gambar lucu) tentang Haji Lulung. Makna yang ditekankan kebanyakan mengandung unsur parodi, cenderung hiperbola (melebih-lebihkan) dan repetisi/alterasi (mengulang-ulangi).


Keywords


Trending Topic; Twitter; Analisis Wacana; #Savehajilulung;


References

Aia. (2015). Haji Lulung Sukses Hebohkan Socmed, Ini Lho Penyebabnya!Diakses 17 Juni 2015.http://plus.kapanlagi.com/haji-lulung-sukses-hebohkan-socmed-ini-lho-penyebabnya-02c859.html.

Althoff, T., Damian, B., Jörn, H., Andreas, D. (2012).Analysis and Forecasting of Trending Topics in Online Media Streams.German Research Center for Artificial Intelligence (DFKI).D-67663 Kaiserslautern, Germany.Diakses 14 April 2015. http://timalthoff.de/docs/trending_topic_forecasting.pdf.

Amretasari, V. D.,(2014).Struktur Teks Bergambar Meme Keanu Conspiration Dalam Media Sosial.Skripsi. Sastra Perancis. Universitas Gadjah Mada, Yogjakarta. Diakses 15 Juni 2015.http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=72705.

Arifin, B. dan Rani, A.,(2000). Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Ditjen Dikti.

Arifin, BH. (2015). Pengguna Twitter Indonesia Terbanyak Ketiga Dunia.Diakses 14 April 2015.http://www.enciety.co/pengguna-twitter-indonesia-terbanyak-ketiga-dunia/.

Assegaf.(2015). Haji Lulung Masih Puncaki Trending Topic Twitter.Diakses 14 April 2015. http://www.solopos.com/2015/03/07/savehajilulung-haji-lulung-masih-puncaki-trending-topic-twitter-582756.

Cheong, M. (2009).What are you Tweeting about?: A survey of Trending topics within Twitter.Clayton School of Information Technology, Monash University Victoria, 3800 Australia. Diakses 14 April 2015. http://www.csse.monash.edu.au/publications/2009/tr-2009-251-full.pdf.

Dawkins, R. (1976).The Selfish Gene. London: Oxford University Press.

Deliusno.(2015). Pengguna Twitter di Indonesia Capai 50 Juta.Diakses 14 April 2015. http://tekno.kompas.com/read/2015/03/26/16465417/pengguna.twitter.di.indonesia.capai.50.juta.

Eriyanto.(2003). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Fadil, I. (2015). #SaveHajiLulung jadi perbincangan lucu-lucuan di dunia maya.Diakses 14 April 2015. http://www.merdeka.com/peristiwa/savehajilulung-jadi-perbincangan-lucu-lucuan-di-dunia-maya.html.

Fauziah, L. (2015). Alasan Tagar #SaveHajilulung Mendunia.Diakses 17 Juni 2015.http://m.log.viva.co.id/frame/read/aHR0cDovL2Jlcml0YXRyZW5kei5ibG9nc3BvdC5jb20vMjAxNS8wMy9hbGFzYW4tdGFnYXItc2F2ZWhhamlsdWx1bmctbWVuZHVuaWEuaHRtbA==.

Hasits, M. (2015).Jadi Trending Topik Haji Lulung Punya Akun Twitter @halus24.Diakses 15 Juni 2015.http://www.merdeka.com/peristiwa/jadi-trending-topik-haji-lulung-punya-akun-twitter-halus24.html

Kleden, I. (1998). Novel dan Cerpen-Cerpen Umar Kayam: Strategi Literer Menghadapi Perubahan Sosial dalam Aprinus Salam (Ed.). Umar Kayam dan Jaring Semiotik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lull, J. (1998).Media, Komunikasi Kebudayaan: Suatu pendekatan Global. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mayfield, A. (2008). What is Social Media? UK: iCrossing. Dokumen.Diakses 17 Juni 2015.http://www.icrossing.co.uk.

Movementi, S. (2015).Bos Twitter Sebut Pengguna Indonesia Atraktif. Diakses 14 April 2015. http://www.tempo.co/read/news/2015/03/26/072653165/Bos-Twitter-Sebut-Pengguna-Indonesia-Atraktif.

Nancy, D. K. (2009).“Ten Things You Need to Know About Twitter”. Information Today.June 2009 Vol. 26 Issue 6.Diakses 14 April 2015. www.infotoday.com.

Noviana, R. (2013). Fenomena Celebritism Di Twitter (Analisis Semiotika Trending Topic). Skripsi, Ilmu Komunikasi Fisip, Makassar : Universitas Hasanuddin. Diakses 14 April 2015. http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/4889

Reza, J. I. (2015).Pengguna Internet Indonesia Kuasai Media Sosial di 2015.Diakses 14 April 2015. http://tekno.liputan6.com/read/2164377/ pengguna-internet-indonesia-kuasai-media-sosial-di-2015.

Shipman, M. (2014).Figuring Out #Fukushima: An Initial Look at Functions and Content of US Twitter Commentary About Nuclear Risk. Diakses 14 April 2014. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/17524032.2012.672442.

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Yosdakarya.

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wilkinson, D. & Mike, T. (2012).Trending Twitter Topics in English: An International Comparison.Statistical Cybermetrics Research Group, School of Technology, University of Wolverhampton, Wulfruna Street, Wolverhampton WV1 1LY, UK.Journal of the American Society for Information Science and Technology.Diakses 14 April 2015. http://www.scit.wlv.ac.uk/~cm1993/papers/International_twitter_news_preprint.pdf.

Zarrella, D. (2010). The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Zubiaga, A., Damiano S., Raquel M. I., V ́ıctor F. (2013). “Real-Time Classification of Twitter Trends.”Journal of the American Society for Information Science and Technology.Diakses 19 Juni 2015.http://www.damianospina.com/wp-content/uploads/2014/10/trending-topics-jasist2014_preprint.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpkp.v16i2.1353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.