PERAN LPP TVRI KALIMANTAN BARAT SEBAGAI GATEKEEPER DALAM PENYEBARAN INFORMASI

Arifuddin Arifuddin

Abstract

Masalah perbatasan merupakan masalah krusial nasional karena menyangkut kedaulatan dan keutuhan bangsa. Peran TVRI sebagai gatekeeper informasi di wilayah Perbatasan dalam menjalankan fungsinya diharapkan mampu mendorong upaya pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya, dan jati diri bangsa serta mampu menjadi media persatu bangsa. Penelitian tentang Peran LPP TVRI Kalimantan Barat sebagai gatekeeper dalam penyebaran informasi bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran LPP-TVRI Kalimantan Barat sebagai Gatekeeper dalam penyebaran informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, koesioner dan library research. Populasi penelitian berjumlah 59.339 jiwa pada 2 (dua ) lokasi penelitian yaitu kabupaten Sambas dan Entikong. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Taro Yamane, dengan jumlah sampel sebanyak 400 orang. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah hasil olahan koesioner kemufdian diinput melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 111 (27.9%) yang menonton siaran TVRI dalam seminggu terakhir, sebanyak 287 responden (71,6%) yang tidak menonton siaran TVRI dalam 1 minggu terakhir ini, dengan alasan karena tidak terjangkau siarannya, tidak menarik siarannya, siarannya hilang timbul timbul/tidak bagus siarannya. Peran LPP TVRI Kalimantan Barat sebagai gatekeeper informasi di wilayah perbatasan LPP-TVRI Kalimantan Barat dituntut untuk menyajikan tayangan yang mendidik dan  berkualitas. Kontrol Sosial masih dimiliki oleh LPP  TVRI Kalimantan Barat. Begitu halnya peran LPP TVRI Kalimantan Barat juga masih memiliki dan menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam terpaan media asing yang masuk secara bebas ke daerah perbatasan.


Keywords


LPP TVRI Kalbar; Gatekeeper; Informasi;


References

Badan Pusat Statistik. (2010). Kalimantan Barat Dalam Angka Tahun 2010. Kalimantan Barat : Badan Pusat Statistik Provinsi.

Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Dikursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Hamidi. (2007). Metodologi Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM

Kriyantono, R. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana

Nurhaeni. (2014). Peran TVRI Kalimantan Timur Sebagai Alat Kontrol Sosial Melalui Program Acara Benua Etam Edisi Budaya Tradisional. ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Nurudin. (2003). Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

______. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2005 Tentang Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia

Priyono, S. (2010) Persepsi Masyarakat Terhadap Program Siaran LPP TVRI Stasiun Jateng. Tesis, Semarang : Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpikom.v17i1.1356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.