PROFIL DAN PREFERENSI ANGKATAN KERJA MUDA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM MEMILIH PERANGKAT TIK BERGERAK

Moh Muttaqin

Abstract

Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bergerak, seperti telepon pintar dan komputer jinjing merupakan perangkat elektronik yang sangat populer di masyarakat. Karena antusiasme masyarakat Indonesia akan kepemilikan perangkat TIK bergerak, Indonesia pernah mendapat julukan “Blackberry Country” yang merupakan salah satu merek dagang telepon pintar yang menguasai pasar Indonesia, walapun sekarang posisinya telah digantikan oleh telepon pintar dengan merek dagang lain. Pada tahun 2014 , kepemilikan telepon seluler di Indonesia (belum termasuk perangkat TIK bergerak lainnya) telah mencapai 84% populasi penduduk. Bagaimana preferensi pengguna dalam memilih perangkat TIK bergerak di Indonesia menjadi menarik untuk ditelusuri. Berdasarkan aplikasi teori keputusan yang menyatakan preferensi  berbeda dimiliki oleh profil pengguna yang berbeda, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil dan preferensi dalam memilih perangkat TIK bergerak di kalangan angkatan kerja muda TIK dari beberapa lokasi di pesisir timur Sumatra Utara. Responden dari wilayah ini menarik untuk diteliti karena sedikit banyak terpengaruh oleh perkembangan TIK di negeri jiran, yaitu Malaysia dan Singapura sebagai dampak kedekatan geografis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei, sementara pengolahan dan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian menemukan bahwa tingkat kepemilikan perangkat TIK bergerak rata-rata adalah 1,50 perangkat  per orang, dengan harga perangkat TIK bergerak rata-rata 3,8 juta rupiah. Sementara preferensi utama pengguna memilih perangkat TIK bergerak adalah kapasitas RAM (19%), kecepatan prosesor (17%) dan brand perangkat TIK bergerak (15%).


Keywords


perangkat TIK bergerak; teori keputusan; profil pengguna; preferensi pengguna; angkatan kerja muda TIK;


References

Anwar, A. (2015). Metodologi Populasi Dan Sampel Penelitian. uigm.ac.id. Retrieved from https://student.uigm.ac.id/assets/file/Materi/PERTEMUAN_7_-_POPULASI_DAN_SAMPEL_PENELITIAN.pdf

BBC. (2014). Orang Indonesia pengguna ponsel nomor 1 di dunia. Retrieved June 5, 2014, from http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/06/ 140605_majalah_ ponsel_indonesia

Brown, R. V. (2012). Decision Theory as an Aid to Private Choice: Limitations, Contributions and Prospects. SSRN Electronic Journal, 7(2), 207–223. https://doi.org/10.2139/ssrn.2018187

Damarjati, T. (2016). Konsep Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Retrieved September 2, 2016, from http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-kejuruan

Deryadli. (2013). Kemenkominfo_ Satu Orang Punya Lebih Dari Satu Telepon Genggam - Sriwijaya Post. Retrieved November 26, 2013, from http://palembang.tribunnews.com/2013/11/26/kemenkominfo-satu-orang-punya-lebih-dari-satu-telepon-genggam

Detiknews. (2011). Polisi Periksa RIM Terkait Insiden BlackBerry “Murah” di Pacific Place. Retrieved November 28, 2011, from https://news.detik.com/berita/1777112/polisi-periksa-rim-terkait-insiden-blackberry-murah-di-pacific-place

Gfk. (2013). Press release _ GfK Global. Http://www.gfk.com, 1. Retrieved from http://www.gfk.com/insights/press-release/tablet-and-laptop-markets-in-southeast-asia-report-uptrend-in-the-past-one-year-gfk/

Hidayat, M. W. (2016). IDC Rilis Data Pasar Smartphone Indonesia 2015, Siapa Juara? Retrieved February 22, 2016, from http://tekno.liputan6.com/read/2441541/idc-rilis-data-pasar-smartphone-indonesia-pada-2015-siapa-juara

Jemari, et al. (2017). Relationship between human capital and social capital towards social entrepreneurial intention among the public university students. International Journal of ADVANCED AND APPLIED SCIENCES, 4(12), 179–184. https://doi.org/10.21833/ijaas.2017.012.032

Katadata. (2016). Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019 - Databoks. Retrieved August 8, 2016, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019

Lerner, J., Li, Y., Valdesolo, P., & Kassam, K. S. (2015). Emotion and Decision Making : Online Supplement. Annual Review Psychology. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115043

Nuryanto, A. (n.d.). Statistik. Yogyakarta: uny.ac.id. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/apri-nuryantospdstmt/statistik-apri.pdf

Padjadjaran, U. (2005). Teknik Sampling. gunadarma.ac.id. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30724.12160

PIH Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet. Retrieved February 8, 2014, from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers

Presidenri.go.id. (2016). Menambah SMK Meningkatkan Daya Saing. Retrieved April 6, 2016, from http://presidenri.go.id/program-prioritas-2/menambah-smk-meningkatkan-daya-saing.html

Sadewo, B. (2014). Indonesia Bukan Lagi “Negeri BlackBerry” _ Telset. Retrieved December 19, 2014, from https://telset.id/88666/indonesia-bukan-lagi-negeri-blackberry/

Sata, M. (2013). Factors Affecting Consumer Buying Behavior of Mobile Phone Devices. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(12), 103–112. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n12p103




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpikom.v20i1.1527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.