PROFIL DAN PREFERENSI ANGKATAN KERJA MUDA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM MEMILIH PERANGKAT TIK BERGERAK
Main Article Content
Abstract
Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bergerak, seperti telepon pintar dan komputer jinjing merupakan perangkat elektronik yang sangat populer di masyarakat. Karena antusiasme masyarakat Indonesia akan kepemilikan perangkat TIK bergerak, Indonesia pernah mendapat julukan “Blackberry Country” yang merupakan salah satu merek dagang telepon pintar yang menguasai pasar Indonesia, walapun sekarang posisinya telah digantikan oleh telepon pintar dengan merek dagang lain. Pada tahun 2014 , kepemilikan telepon seluler di Indonesia (belum termasuk perangkat TIK bergerak lainnya) telah mencapai 84% populasi penduduk. Bagaimana preferensi pengguna dalam memilih perangkat TIK bergerak di Indonesia menjadi menarik untuk ditelusuri. Berdasarkan aplikasi teori keputusan yang menyatakan preferensi berbeda dimiliki oleh profil pengguna yang berbeda, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil dan preferensi dalam memilih perangkat TIK bergerak di kalangan angkatan kerja muda TIK dari beberapa lokasi di pesisir timur Sumatra Utara. Responden dari wilayah ini menarik untuk diteliti karena sedikit banyak terpengaruh oleh perkembangan TIK di negeri jiran, yaitu Malaysia dan Singapura sebagai dampak kedekatan geografis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei, sementara pengolahan dan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian menemukan bahwa tingkat kepemilikan perangkat TIK bergerak rata-rata adalah 1,50 perangkat per orang, dengan harga perangkat TIK bergerak rata-rata 3,8 juta rupiah. Sementara preferensi utama pengguna memilih perangkat TIK bergerak adalah kapasitas RAM (19%), kecepatan prosesor (17%) dan brand perangkat TIK bergerak (15%).
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Anwar, A. (2015). Metodologi Populasi Dan Sampel Penelitian. uigm.ac.id. Retrieved from https://student.uigm.ac.id/assets/file/Materi/PERTEMUAN_7_-_POPULASI_DAN_SAMPEL_PENELITIAN.pdf
BBC. (2014). Orang Indonesia pengguna ponsel nomor 1 di dunia. Retrieved June 5, 2014, from http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/06/ 140605_majalah_ ponsel_indonesia
Brown, R. V. (2012). Decision Theory as an Aid to Private Choice: Limitations, Contributions and Prospects. SSRN Electronic Journal, 7(2), 207–223. https://doi.org/10.2139/ssrn.2018187
Damarjati, T. (2016). Konsep Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Retrieved September 2, 2016, from http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-kejuruan
Deryadli. (2013). Kemenkominfo_ Satu Orang Punya Lebih Dari Satu Telepon Genggam - Sriwijaya Post. Retrieved November 26, 2013, from http://palembang.tribunnews.com/2013/11/26/kemenkominfo-satu-orang-punya-lebih-dari-satu-telepon-genggam
Detiknews. (2011). Polisi Periksa RIM Terkait Insiden BlackBerry “Murah” di Pacific Place. Retrieved November 28, 2011, from https://news.detik.com/berita/1777112/polisi-periksa-rim-terkait-insiden-blackberry-murah-di-pacific-place
Gfk. (2013). Press release _ GfK Global. Http://www.gfk.com, 1. Retrieved from http://www.gfk.com/insights/press-release/tablet-and-laptop-markets-in-southeast-asia-report-uptrend-in-the-past-one-year-gfk/
Hidayat, M. W. (2016). IDC Rilis Data Pasar Smartphone Indonesia 2015, Siapa Juara? Retrieved February 22, 2016, from http://tekno.liputan6.com/read/2441541/idc-rilis-data-pasar-smartphone-indonesia-pada-2015-siapa-juara
Jemari, et al. (2017). Relationship between human capital and social capital towards social entrepreneurial intention among the public university students. International Journal of ADVANCED AND APPLIED SCIENCES, 4(12), 179–184. https://doi.org/10.21833/ijaas.2017.012.032
Katadata. (2016). Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019 - Databoks. Retrieved August 8, 2016, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019
Lerner, J., Li, Y., Valdesolo, P., & Kassam, K. S. (2015). Emotion and Decision Making : Online Supplement. Annual Review Psychology. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115043
Nuryanto, A. (n.d.). Statistik. Yogyakarta: uny.ac.id. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/apri-nuryantospdstmt/statistik-apri.pdf
Padjadjaran, U. (2005). Teknik Sampling. gunadarma.ac.id. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30724.12160
PIH Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet. Retrieved February 8, 2014, from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers
Presidenri.go.id. (2016). Menambah SMK Meningkatkan Daya Saing. Retrieved April 6, 2016, from http://presidenri.go.id/program-prioritas-2/menambah-smk-meningkatkan-daya-saing.html
Sadewo, B. (2014). Indonesia Bukan Lagi “Negeri BlackBerry” _ Telset. Retrieved December 19, 2014, from https://telset.id/88666/indonesia-bukan-lagi-negeri-blackberry/
Sata, M. (2013). Factors Affecting Consumer Buying Behavior of Mobile Phone Devices. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(12), 103–112. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n12p103