ANALISIS WACANA MEDIA TERHADAP KEBIJAKAN DAN CITRA PEMERINTAH DI SURAT KABAR DAERAH PADA TAHUN 2017

Main Article Content

Syarif Budhirianto
Noneng Sumiaty
nfn Syaidah

Abstract

Surat kabar sebagai penyampai berita kepada masyarakat mempunyai agenda media dan agenda kebijakan publik. Permasalahannya adalah bagaimana agenda pemberitaan, citra dan sikap surat kabar terhadap program kebijakan pemerintah saat ini. Tujuannya adalah melakukan analisis terhadap  agenda setting, citra dan sikap surat kabar terhadap kebijakan pemerintah,. Studi ini  bersifat deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel systematic random sampling dari setiap edisi dari empat surat kabar, yakni Pikiran Rakyat, Radar Banten, Sumatera Ekspres, dan Tribun Lampung. Hasil analisis menunjukkan bahwa agenda pemberitaan program dan kebijakan pemerintah lebih banyak berisi rubrik pembangunan masyarakat dan berita daerah. Pembingkaian berita telah memunculkan pencitraan yang membentuk opini publik terhadap tokoh maupun institusi pemerintahan. Adapun sikap media, yang tampak dari news tone atau nada pemberitaannya adalah cenderung mendukung kebijakan pemerintah.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Syarif Budhirianto, BPSDMP Kominfo Bandung

Kominfo

References

Buchari Alma. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alvabeta: Bandung.

Bulaeng, Andi. (2004). Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Yogyakarta : Andi.

Erasputranto, Rachman dan Hermawan. (2016). The Effect of Corporate Image on Company’s Stock Return. Universitas Indonesia. Dalam http://lib.ibs.ac.id/materi/Prosiding/SNA%20XVIII/makalah/016.pdf.

George Zinkhan, Jaishankar Ganesh & Linda Hayes (2001). Corporate Imagea; A Conceptual Framework for Strategic Planning. Proceedings of AMA (Writer) Marketing Educators Conference.

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis riset Komunikasi. Jakarta: Kakilangit Kencana.

Little John, Stephen W. (2005). Theories of Human Communication. Seventh edition, California: Wadsworth Publishing.

Rakhmat, Jalaludin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.