PROSES KOMUNIKASI DALAM PELESTARIAN BUDAYA SARONEN KEPADA GENERASI MUDA

Main Article Content

Mohammad Insan Romadhan

Abstract

Indonesia dikenal oleh masyarakat luas sebagai negara yang mempunyai bermacam-macam suku dan budaya, salah satunya adalah budaya musik saronen dari Sumenep Madura. Akan tetapi di era globalisasi informasi saat ini banyak budaya-budaya dari luar terutama negara barat masuk ke dalam Negara Indonesia. Hal tersebut menyebabkan mulai kurangnya generasi muda dalam memperhatikan dan bahkan meninggalkan budaya lokal untuk memilih budaya luar yang menurut mereka lebih modern. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk menelaah proses komunikasi dalam melestarikan budaya saronen kepada generasi muda di Sumenep. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian adalah pelestarian budaya saronen kepada generasi muda tidak hanya dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat saja akan tetapi juga melibatkan pelaku-pelaku budaya saronen yang ada di Sumenep. Sedangkan Proses komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam melestarikan budaya saronen menerapkan tingkatan komunikasi interpersonal dan publik dan untuk proses komunikasinya itu sendiri menerapkan komunikasi satu arah, komunikasi interaksi dan komunikasi transaksional

Dimensions

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Mohammad Insan Romadhan, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

References

Ahsan, Agung Firdausi. (2012). Harapan Bagi Saronen.di akses 9 maret 2017: 07.12 pada plat-m.com

DeVito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia Edisi 5. Tangerang: Karisma Publishing Grup

Dijkzeul, Dennis & Moke, Markus. (2005). Public Communication Strategies of International Humanitarian Organizations. Vol. 87, No. 860.

Moerdijati, Sri. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: Revka Petra Media

Muhammad, Arni. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyana, Deddy. (2016). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moeloeng, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Romadhan, Mohammad Insan, (2018). Pemanfaatan Budaya Lokal Saronen Dalam Proses Manajemen Public Relations, Jurnal Representamen: Jurnal Ilmiah Kajian Komunikasi Vol. 04, No. 01 April 2018. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfab

Zulkarnain, Iskandar. (2004). Aneka Ragam Kesenian Sumenep. Sumenep: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumenep