PENERAPAN APLIKASI MOBILE UNTUK PELAPORAN KINERJA PEGAWAI DALAM MENDUKUNG e-GOVERNMENT

Main Article Content

Maulidatur Rohmah
nfn Eriyanto

Abstract

Aplikasi e-Visum merupakan bentuk penerapan konsep e-government. Aplikasi pelaporan kinerja mobile untuk pegawai ini dibangun oleh BKKBN bersama pihak ketiga selaku pengembang aplikasi dengan tujuan agar para penyuluh KB di daerah dapat melaporkan kegiatan hariannya dengan lebih mudah, efektif dan efisien, beserta titik lokasi kerjanya secara real time melalui fasilitas smartphone android yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak yang mungkin terjadi dari pembangunan sebuah aplikasi kinerja mobile pegawai serta mengetahui sejauh mana pemanfaatan e-Visum sebagai aplikasi pelaporan kinerja oleh para pegawai itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dan data sekunder. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa data disimpan dalam server Cloud dengan akses yang dimiliki BKKBN dan pihak ketiga sehingga faktor keamanan dan kerahasiaan data menjadi sebuah hal yang penting untuk diperhatikan. Peneliti mengunakan teori difusi inovasi untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi e-Visum oleh para penyuluh KB. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan dalam pemanfaatan aplikasi kinerja mobile e-Visum oleh penyuluh KB dari bulan Januari sampai dengan September 2018. Waktu menjadi factor penting dalam sebuah proses adaptasi inovasi. Berdasarkan tingkat keinovatifannya, Jawa Timur masuk dalam kategori inovator, sedangkan Maluku Utara, Papua dan Papua Barat masuk ke dalam kategori lamban (laggards).

Article Details

Section
Articles

References

BKKBN. (2017). Peraturan Kepala BKKBN Nomor 22 Tahun 2017 dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan e-Visum.

Boss, A., H, & Kilian, W. (2008). The United Nations Convention on The Use of Electronic Communications in International Contracts: An In-Depth Guide and Sourcebook. Netherland: Kluwer Law International.

Burgers, C., Eden, A., de Jong, R., & Buningh, S. (2016). Rousing reviews and instigative images: The impact of online reviews and visual design characteristics on app downloads. Mobile Media and Communication, 4(3), 327–346. https://doi.org/10.1177/2050157916639348

Checkland, P., & Howell, S. (1998). Information, Systems and Information Systems: Making Sense of the Field. West Sussex, England: John Wiley and Sons Ltd.

Chen, et al. (2008). Digital Government: E-Government Research, Case Studies, and Implementations. New York: Springer.

Guo, L., Vargo, C. J., Pan, Z., Ding, W., & Ishwar, P. (2016). Big Social Data Analytics in Journalism and Mass Communication: Comparing Dictionary-Based Text Analysis and Unsupervised Topic Modeling. Journalism & Mass Communication Quarterly, 93(2), 332–359. https://doi.org/10.1177/1077699016639231

Hallahan, K. (2004). Protecting an organization’s digital public relations assets. Public Relations Review, 30(3), 255–268. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2004.04.001

Kemp, S. (2018). Digital in 2018: World Internet Users Pass The Billion Mark. Available from: https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018.

Langridge, D. (2007). Phenomenological Psychology: Theory, Research and Method. The SAGE Handbook of Qualitative Research in Psychology. Harlow, England: Pearson Education Limited. https://doi.org/10.4135/9781848607927.n10

Lehmann, K. (2007). Innovation Diffusion Theory: Rogers and Bass Model Discussion. Berlin: Humbolt Universitat Berlin.

Lemon, M., C. (2003). Philosophy of History: A Guide for Student. New York: Routledge.

Liu, C. Z., Au, Y. A., & Choi, H. S. (2014). Effects of Freemium Strategy in the Mobile App Market: An Empirical Study of Google Play. Journal of Management Information Systems, 31(3), 326–354. https://doi.org/10.1080/07421222.2014.995564

McMullan, J. (2017). A new understanding of ‘New Media.’ Convergence: The International Journal of Research into New Media Technologies, 135485651773815. https://doi.org/10.1177/1354856517738159

Meranti, & Irwansyah. (2018). Kajian Humas Digital: Transformasi dan kontribusi Industri 4.0 pada Stratejik Kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 27–36. https://doi.org/10.2527/jas2012-5761

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson Education Limited (Vol. 7). https://doi.org/10.2307/3211488

Riedel, M. (2000). Research Strategies for Secondary Data: A Perpective for Criminology and Criminal Justice. Thousand Oaks: Sage Publication Inc.

Rogers, E, M. (2003). Diffusion of Innovations, 5th edition. New York: Free Press.

Thulin, E., & Vilhelmson, B. (2007). Mobiles everywhere. Young, 15(3), 235–253. https://doi.org/10.1177/110330880701500302

Van Baalen, S. (2018). 'Google wants to know your location’: The ethical challenges of fieldwork in the digital age. Research Ethics, 1–17. https://doi.org/10.1177/1747016117750312

Wong, S. H. R. (2012). Which Platform Do Users Prefer: Website or Mobile App? Reference Services Review, 40(1), 103–115. https://doi.org/10.1108/00907321211203667

Youm, K. H., & Park, A. (2016). The “right to be forgotten” in European Union law: Data protection balanced with free speech? Journalism and Mass Communication Quarterly, 93(2), 273–295. https://doi.org/10.1177/1077699016628824