PENILAIAN KEBERHASILAN SISTEM INFORMASI PENANGANAN COVID-19 SEBAGAI PENERAPAN FUNGSI HUMAS ONLINE PEMERINTAH PADA MASYARAKAT KOTA MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini melakukan pengukuran keberhasilan Sistem Informasi Penanganan Covid-19 dalam melaksanakan fungsi Humas online pemerintah pada masyarakat Kota Makassar. Pengukuran keberhasilan dilakukan melalui penilaian masyarakat yang diperoleh dari isian kuesioner yang disebarkan secara daring melalui media soaial dan aplikasi percakapan. Kuesioner disusun berlandaskan fungsi humas pemerintah. Massyarakat yang berparisipasai dalam penelitian ini sebanyak 170 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa keberhasilan pelaksanaan fungsi humas pemerintah melalui sistem informasi (website) infocorona.makassar.go.id sebagai penerapan dari humas online pemerintah berada pada tingkat “cukup berhasil” dengan nilai keberhasilan sebesar 2,86.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Anggrahini , M. D., Rochayanti , C., & Sosiawan, E. A. (2008). Peran Humas Pemerintah Kabupaten Sragen Dalam Pengelolaan Isi Informasi Website Pemda Sebagai Media Communications Relations Dengan Masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi, 145 - 152.
Aqli, Z. (2013). Peran Humas Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur Dalam Mensosialisasikan Bahaya Banjir Di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 317 - 327.
Fakhruroji, M., Tresnawaty, B., Sumadiria, A., & Risdayah, E. (2020). Strategi Komunikasi Publik Penanganan COVID-19 di Indonesia: Perspektif Sosiologi Komunikasi Massa dan Agama. LP2M UIN Sunan Gunung Djati.
ITU. (2004). Quality of Service and Network Performance. Jenewa : ITU.
Kimmel, A. J. (2004). Rumors and Rumor Control: A Manager’s Guide to Understanding and Combatting Rumors. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Martha, J. (2020). Pemanfaatan Diplomasi Publik oleh Indonesia dalam Krisis Covid-19. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional.
Nurislaminingsih, R. (2020). Layanan Pengetahuan tentang Covid-19 di Lembaga Informasi. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Nurjanah , A., & Nurnisya, F. Y. (2016). Pemanfaatan Digital Public Relations (Pr) Dalam Sosialisasi Tagline “Jogja Istimewa” Humas Pemerintah Kota Yogyakarta. Jurnal Arsito, 130 - 145.
Sulaeman, & Supriadi. (2020). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases–19 (Covid-19). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 12-17.
Zahrotunnimah. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 3 (2020).