ANALISIS KOMUNIKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAN PROMOSI SUMATERA UTARA

Fauzia Agustini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi, kepuasan kerja pegawai, dan mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumatera Utara. Adapun populasi pada penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik sampel menggunakan total sampling yang artinya jumlah populasi sama menjadi jumlah sampel.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket yang disebarkan kapada 60 responden dan mengumpulkannya kembali. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptip dan uji t dan diolah dengan program SPSS 22.00.

Hasil penelitian menunjukkan komunikasi yang terjadi di Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumatera Utara sudah terlaksana dengan baik. Adapun kepuasan kerja pegawai pada perusahaan tersebut sudah menujukkan hasil yang maksimal. Selanjutnya komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai di Badan Penanaman Modal dan Promosi Provinsi Sumatera Utara.

Keywords


Komunikasi, Kepuasan Kerja Pegawai


References

Arikunto, Suharsimi. (2010). ”Prosedur Penelitian” : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Diatmika, I Gede. (2010). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada SuriwathiBeach Hotel Legian-Kuta Bali. Jurnal Manajemen, Vol. 1(2).

Endang, Dwiningsih. (2010). Pengaruh Komunikasi, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kemampuan Kerja, Manajemen Konflik, Dan Tingkat Kesejahteraan Terhadap Kinerja Karyawan pada Akademi Perawatan Panti Kosala Surakarta. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia, Vol. 5(1), hal 20-25.

Gorda, I Gusti Ngurah. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Denpasar: Astabrata Bali bekerjasama dengan STIE Satya Dharma Singaraja.

Hasibuan, Malayu S.P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

_______________ (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Martoyo. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Purwanto, Joko. (2006). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Putri, Anita Cempaka. (2012). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT United Tractors, Tbk Cabang Medan. Medan.

Rivai, Veithzal. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Kepraktek. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks.

Siagian, S. P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

___________(2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sintauli. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Sinulingga, Fransiska. (2012). Pengaruh Insentif dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT SAI Indoneia, Medan. Medan.

Siswandi. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Internal dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pand’s Collection Semarang. Semarang.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Swastha, Basu. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty

Yuwono dan Khajar, Ibnu. (2005) . Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi

Kepuasan Kerja Pegawai Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta. Jurnal Review Bisnis Indonesia, Vol. 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpikom.v17i2.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.