SENTIMEN DAN IMPARSIALITAS ISI BERITA TENTANG AHOK DI PORTAL BERITA ONLINE

Christiany Juditha

Abstract

ABSTRAK- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) adalah sosok kontroversial yang selalu menjadi perhatian publik maupun media di negara ini. Ada yang pro ada pula yang kontra dari sisi kinerja, karakter maupun dari kelompok minoritas yang disandangnya (agama dan etnis). Sebagai media arus utama, portal berita online seharusnya tetap mengedepankan imparsialisasi (keseimbangan dan netralitas) dalam pemberitaannya, meski pihak yang diberitakan kontroversial di masyarakat. Kenyataannya tidak sedikit media online cenderung tidak melakukan prinsip-prinsip tersebut karena berbagai alasan. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang sentimen serta imparsialisasi isi berita tentang Ahok di Tribunnews.com dan Republika.online. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan baik Tribunnews.com maupun Republika.online menggambarkan Ahok dengan sentimen positif dari sisi jenis berita baik politik, kinerja, hukum maupun sosial. Namun kedua portal berita ini belum menerapkan prinsip imparsialisasi secara menyeluruh, karena hanya menyertakan satu sumber berita disebagian besar berita mereka. Sementara isi berita yang netral (tidak memihak) cenderung memiliki nilai rendah dibanding positif maupun negatif.

Keywords


sentimen, imparsialisasi, berita, portal berita online.


References

Alexa. (2016). Topsites Portal Berita Online Indonesia. Diakses dari website: http://www.alexa.com/topsites/category/World/Bahasa_Indonesia/Berita/Online, pada 20 September 2016.

Almunaware, Almaidah Nur Intan, Philep Morse Regar, Johny Senduk. (2015). Analisis Isi Berita Kontroversi Basuki Tjahaja Purnama Dalam Konteks Pengangkatan Gubernur DKI Jakarta Pada Surat Kabar Tribun Manado. E-journal Acta Diurna Volume IV. No.3. Tahun 2015.

Clayton, R. Fink, et. al. (2011). Coarse and Fine Grained Sentiment Analysis of Social Media Text. Johns hopkins apl technical digest, volume 30,number 1.

Craig, Richard. (2005). Online Journalism; Reporting, Writing, and Editing for New Media. USA: Thomson Wadsworth.

Dharmasaputra, Karaniya. (2011). Jurnalisme Online: Asal Seru dan Saru? Dalam Era Media Online, New Media Antara Kemerdekaan Berekspresi dan Etika Jurnal. Jurnal Dewan Pers Edisi No. 4, Januari 2011. Jakarta: Dewan Pers.

Foust, J. (2009). Online Journalism Principles and Practices of News for the Web. 2nd ed. Arizona: Holcomb Hathaway Publisher.

Hall, Jim. (2001). Online journalism: A critical theory. London: Pluto Press.

Hamad, Ibnu. (2004). Konstruksi Realitas Politik Dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis Terhadap Berita-Berita politik. Jakarta: Granit.

Himawan, Iwan Qodar. (2011). Soal Etika dalam Jurnalisme Online dalam Era Media Online, New Media Antara Kemerdekaan Berekspresi dan Etika, dalam Jurnal Dewan Pers. Edisi No. 4, Januari 2011.

Holsti, Ole R. (1969). Content Analysis for the Social Sciences and Humanities. Reading: Addison-Wesley.

Juditha, Christiany. (2013). Akurasi Berita dalam Jurnalisme Online (Kasus Dugaan Korupsi Mahkamah Konstitusi di Portal Berita Detiknews. Jurnal Pekommas, Vol. 16 No. 3, Desember 2013:145-154.

Juditha, Christiany. (2016). Obyektivitas Berita dan Etika Jurnalistik di Media Online: Kasus Rekrutmen Karyawan BUMN). Jurnal Pekommas, Vol 1, No 1 (2016): April 2016:1-12.

Jurnal Dewan Pers. (2011). Era Media Online, New MediaAntara Kemerdekaan Berekspresi dan Etika. Jurnal Dewan PersEdisi No. 4, Januari 2011. Jakarta:Dewan Pers.

KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016). Sentimen. http://kbbi.web.id/sentimen diakses 20 September 2016.

Kovach, Bill dan Tom Rosenstiel. 2007. Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta: Pantau.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.

Kusmanto, Heri. Dkk. (2006). Pengantar Ilmu Politik. Medan: Pustaka Press.

Margianto, J. Heru dan Asep Syaefullah, (2012). Media Online: Antara Pembaca, Laba, dan Etika. Jakarta: AJI dan Ford Foundation.

McQuail, Denis. (1992). Media Performance: Mass Communication and The Public Interest. London: Sage Publication.

Nimmo, Dan. (1989). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media. Bandung: PT Remaja

Pang, Bo. and Lillian Lee. (2008). Opinion Mining and Sentiment Analysis. Foundations and Trends in Information Retrieval Vol. 2, Nos. 1–2 (2008) 1–135c. DOI: 10.1561/1500000001.

Prasetyo, Danny. (2014). Masyakarat DKI Jakarta Terhadap Figur Dan Komunikasi Politik Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jurnal Politika Vol. 5, No. 2, Oktober 2014.

Putra, Novian Anata. (2015). Ahok Dalam Berita Maya. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 18 No.2, Desember 2015: 141-152.

Ramdhani, Jabbar. (2016). Dewan Pers: Ada 2.000 Media Online, Hanya 211 yang Sesuai Kaidah Jurnalistik. detikNews. Diakses dari website: http://news.detik.com/berita/3122996/dewan-pers-ada-2000-media-online-hanya-211-yang-sesuai-kaidah-jurnalistik, pada 23 Agustus 2016.

Rentjoko, Antyo. (2016). Jumlah media cetak kini sepertiganya tahun 2011. Diakses dari website: https://beritagar.id/artikel/infografik/jumlah-media-cetak-kini-sepertiganya-tahun-2011, pada 23 Agustus 2016.

Santana, S. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Satsiwi, Christina Heri. (2015). Analisis Sentimen Terhadap Tokoh Publik Joko Widodo Pada Pemilu 2014 Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Tesis. Pasca Sarjana / Sistem Informasi Bisnis Universitas Gunadharma Jakarta.

Siregar, Amir Effendi, Rahayu, Puji Rianto, Wisnu Martha Adiputra. (2014). Menakar Independensi dan Netralitas Jurnalisme dan Media di Indonesia. Dalam Dinamika Pers dan Pemilu 2014 Mengungkap Independensi Media. Jurnal Dewan Pers Edisi No. 09, Juli 2014. Jakarta: Dewan Pers.

Sobur, A. (2004). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2004). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sunni, Ismail, Dwi Hendratmo Widyantoro. (2012). Analisis Sentimen dan Ekstraksi Topik Penentu Sentimen pada Opini Terhadap Tokoh Publik. Jurnal Sarjana Institut Teknologi Bandung Bidang Teknik Elektro dan InformatikaVolume 1, Number 2, Juli 2012.

Wimmer, Roger D. & Joseph R. Dominick. (2003). Mass Media Research: An Introduction. Seventh Edition. USA: Wadsworth.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpikom.v18i1.839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.