ANALISIS ISI KUALITATIF TWITTER “#TaxAmnesy” dan “#AmnestiPajak”

Vience Mutiara Rumata

Abstract

Semenjak program Pengampunan Pajak diluncurkan pada Juni 2016 mengundang pro dan kontra di kalangan publik, termasuk para pengguna Twitter. Penelitian ini menganalisa isi twit opini pengguna Twitter melalui “#amnestipajak” dan “#taxamnesty” dengan tujuan untuk mengetahui opini publik pengguna twitter terkait topik tersebut. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi kualitatif dengan pendekatan induktif, yakni prosedur memadatkan dari data teks yang kompleks serta proses membangun makna dari data tersebut melalui tema-tema atau kategori-kategori yang muncul. Hasil penelitian didapat bahwa tiga tema besar yaitu: 1) dukungan terhadap program pengampunan pajak; 2)oposisi terhadap program pengampunan pajak; 3) wacana kritis tentang program pengampunan pajak. Kelemahan penelitian ini adalah hasilnya tidak bisa mewakili seluruh populasi pengguna Twitter karena keterbatasan akses.

Keywords


Twitter, Analisis, Isi, Kualitatif, Amnesti Pajak


References

Bengtsson, M. (2016) How to Plan and Perform a Qualitative Study Using Content Analysis. NursingPlus Open. 2(2016):8-14.

Boyd, D; Scott Golder dan Gilad Lotan (2010) Tweet, Tweet, Retweet:Conversational Aspects of Retweeting on Twitter. HICSS-43. IEEE:Kauai, HI, January. (http://www.danah.org/papers/TweetTweetRetweet.pdf)

Careless, E.J. (2015) Perspectives in AE-“Typing Back”: Social Media as Space for Critical Discourse. New Horizons in Adult Education & Human Resource Development. 27(3):50-55

Elo, S. dan Kyngas, H. (2008) The Qualitative Content Analysis Process. Journal of Advanced Nursing, 62(1):107-115. doi: 10.1111/j.1365-2648.2007.04569.x

Eriyanto (2011) Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial lainnya. Prenadamedia Group. Indonesia

Fields, Echo E. (1988) Qualitative Content Analysis of Television News: Systematic Technique. Qualitative Sociology. 11(3).

Henzell, M. Rachel; Knight, A. Margaret; Morgaine, K.C; Antoun, J.S; dan Farella, M. (2014) A qualitative analysis of orthodontic-related posts on Twitter. Angle Orthodontist, 84(2): 203-207

Holton, A.E., Baek, K., Coddington, M., dan Yaschur, C. (2014) Seeking and Sharing: Motivations for Linking on Twitter. Communication Research Reports. 31(1):33-40.

Jacques, Peter J. dan Knox Claire Connolly (2016) Hurricanes and Hegemony: A Qualitative Analysis of Micro-Level Climate Change Denial Discourse. ENVIRONMENTAL POLITICS. 25(3):831-852.

Krippendorf, Klaus (2004) Content Analysis: an Introduction to Its Methodology. SAGE Publications. London

Kwak, Haewoon; Changhyun Lee; Hosung Park; dan Sue Moon (2010) What is Twitter, a Social Network or a News Media? Konferensi World Wide Web Conference Committee (IW3C2), 26-30 April 2010 Raleigh, North Carolina, USA.

Lee JL, DeCamp M, Dredze M, Chisolm MS, Berger ZD (2014) What are health-related users tweeting? A qualitative content analysis of health-related users and their messages on twitter. Journal Of Medical Internet Research. 16(10):1438-8871

Thomas, R. David (2006) A General Inductive Approach for Analyzing Qualitative Evaluation Data. American Journal of Evaluation. 27 (2): 237-242. DOI: 10.1177/1098214005283748

Panahi, S., Watson, J., dan Partridge, H. (2016) Information Encountering on Social Media and Tacit Knowldege Sharing. Journal of Information Science, 42(4):539-550

Rapport, Frances (2010) Summative Analysis: A Qualitative Method for Social Science and Health Research. International Journal of Qualitative Methods. 9(3):270-290




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpikom.v18i1.840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.