Peran Public Relation terhadap Loyalitas Konsumen Indosat di Kota Makassar

Main Article Content

Emilsyah Nur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Public Relation terhadap loyalitas pelanggan dan pengguna PT. Indosat Tbk dalam mempertahankan serta  mengembankan jaringan telekomunikasi juga layanan serta program baru yang diberikan oleh perusahaan tersebut dalam  memberikan pelayanan jasa kepada para pelanggan setianya. Penelitian ini dilaksanakan di Makassar sejak April sampai Juni 2013 dengan mengambil sampel sebanyak tiga informan yang dianggap mewakili penelitian ini yaitu: Coorporate Communication, Public Relation dan beberapa orang pelanggan operator tersebut. Metode yang digunakan adalah teknik deskritif kualitatif dengan menggunakan pendekatan rasionalitas. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara mendalam (dept interview) dengan penarikan sampel acak proposional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran public relation pada PT. Indosat Tbk melalui loyalitas pelanggan di Makassar masih mengalami hambatan khususnya dibidang perluasan jaringan telekomunikasi dan keluhan pelanggan terhadap layanan serta program baru yang belum diinformasikan kepada para pelanggan setia PT. Indosat Tbk

Article Details

Section
Informatics

References

Brynjolfsson dan Hit, 2000. Productivity, Business, Profitability and Consumer Surplus : Three Different Measure of Information Tecnology Value, Volume 20 No. 2, Jakarta, Abiiform Global, Hal. 15-20

Cutlip, Carter and Gleen Brown, 2006. Efective Public Relation, edition nine, World Press, Hal. 30-40

Erwin, 2011, di Makassar, Fisipol Aktivitas Public Relation PT. Telkomsel Area IV Pamasuka Dalam Realita Loyalitas Pelanggan Universitas Hasanuddin, Hal.20-25

Griffin, 2003. Customer Loyality : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Jakarta, Erlangga, Hal. 10-15

Ruslan, 2008. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation, Jakarta, Rajawali Press, Hal. 12-20

Sumarwan, 2003. Prilaku KonsumenTeori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Jakarta, Ghalia Indonesia, Hal. 40-45

Syarifuddin, 2001. Jurnal Pekommas : Public Relation (Suatu Etika Komunikasi Kantor Menghadapi Era Global) Makassar, Bppki Wilayah VII Makassar, Hal. 5-6

Tulipa dan Widya, 2005. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Buku 1 dan 2, edisi 4, Jakarta, Salemba Empat Press, Hal. 25-36