Pengaruh Kemunculan Organisasi Masyarakat Nasional Demokrat Terhadap Rebranding Metro TV

Main Article Content

Novian Anata Putra

Abstract

Kecenderungan para pemilik media saat ini, yang juga merupakan para pemimpin partai atau pemilik sebuah organisasi, menggunakan media yang dimilikinya sebagai salah satu media pencitraan politik, menjelang Pemilu Presiden 2014.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh rebranding Metro TV yang dibarengi dengan kemunculan Ormas Nasional Demokrat (Nasdem). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Faktor ideologi pemilik media ternyata cukup berpengaruh besar dalam membawa arah isi media tersebut. Terpaan ideologi politik pemilik Metro TV, Surya Paloh, cukup kuat mempengaruhi isi media tersebut. Hal ini dapat menggambarkan bahwa media yang ada saat ini sudah tidak independen lagi, melainkan telah ditumpangi oleh kepentingan para pemilik media.

Article Details

Section
Informatics

References

Ayuningtyas, R. and M.G.Alif,. 2009. Strategi Metro TV: Menghadapi Persaingan di Industri Pertelevisian Nasional. Jakarta: Journal of Business Strategy and Execution.

Barrow, Simon and Richard Morsey,. 2005. The Employer Brand. UK: John Wiley& Son.

Bernstein, M. (2002). 10 tips on writing the living Web. A list apart: For people who make websites, 149. Retrieved from http://www.alistapart.com/articles/writeliving

Blech, George E. and Michael E. Blech,. 2003. Advertising and promotion, an integrated marketing communication perspective, sixth edition. USA:The Mc-GrawHill Companies

DePelsmaker, Patrick, dkk,. 2001. Marketing Communications. UK :Prentice Hall.

Mc Dowell, Walter and Allan Batten. 2005. Branding TV: Principles and Practice. UK: Focal Press.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi : Suatu pengantar. Bandung : CV.Rosda Karya

Merrilees, Bill and Dale Miller,. 2007. Principle Of Corporate Rebranding, Australia Department of Marketing. Gold Coast: Griffith University

Piet Joe, Kompasiana.com, 26 Januari 2011, retrieve on 26/09/2011/00:43

Shoemaker, Pamela J and Steohen D.Reese. 1996. Mediating The Message: Theories of Influences on Mass Media Content. USA:Longman Publishers.

Sutopo, H.B,. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : Sebelas Maret University Press.

Zyman,Sergio. 2002. The End of Advertising as we Know it. USA:John Willey & Sons