Maintain Print Media Market through Augmented Reality Content (Study on Tribun Jogja Newspaper) [Mempertahankan Pasar Media Cetak melalui Konten Augmented Reality (Studi pada Koran Tribun Jogja)]
Isi Artikel Utama
Abstrak
The use of technology is an important thing that must be considered by the media business in order to maintain its existence. Tribun Jogja, a local print newspaper in D.I. Yogyakarta and Central Java region south, adding Augmented Reality (AR) content as an effort to integrate technology with conventional media. This study uses case study methody to analyze how the process of adding AR content to Tribun Jogja print newspaper and its impact on the internal organization. From the result of research got that AR content making is done through the decision process of the editorial meeting by considering the availability of data and characteristics of news/information. The use of AR technology has a strategic position, that is to prepare for change and branding as a local print newspaper that is always ahead of innovation. In the organization, the addition of AR affects the changes in news management and also the demands of human resources capable of producing multiplatform news.
Penggunaan teknologi adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh pelaku bisnis media agar dapat mempertahankan eksistensinya. Tribun Jogja, koran cetak lokal di wilayah D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan, menambahkan konten Augmented Reality (AR) sebagai upaya memadukan teknologi dengan media konvensional. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menganalisis bagaimana proses penambahan konten AR pada koran cetak Tribun Jogja dan dampaknya pada internal organisasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembuatan konten AR dilakukan melalui proses keputusan rapat redaksi dengan mempertimbangkan ketersediaan data dan karakteristik berita/informasi. Penggunaan teknologi AR mempunyai posisi strategis, yaitu untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dan branding sebagai koran cetak lokal yang selalu terdepan dalam inovasi. Dalam organisasi, penambahan AR berpengaruh pada perubahan manajemen pemberitaan dan tuntutan tersedianya SDM yang mampu menghasilkan berita multiplatform.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
APJII. (2014). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. https://www.apjii.or.id/content/read/39/27/profil-pengguna-internet-indonesia-2014
AR.Co. (2014). Augmented Reality Warnai Media Cetak Masa Depan. .http://tekno.kompas.com/read /2012 /05/29/14583223/Augmented.Reality.Warnai. Media.Cetak.Masa.Depan.
Bachdar, S. (2016). Kekuatan AR, dari Jualan Merek Hingga Memenangkan Calon Presiden. http://marketeers.com/kekuatan-ar-dari-jualan-merek-hingga-memenangkan-calon-presiden/
Bogazc, E. dan Wojtanowska. (2011). Innovative Public Services as a result of cooperation of public and non-government Organizations. Journal of Contemporary Management. Vol 3.P 105-114.
Corn, D. (2011). World First Augmented Reality Newspaper Hits Presses. http://www.printmediacentr.com/2011/ 09/21/worlds-first-augmented-reality-newspaper-hits-presses.
Digi-Capital. (2017). After Mixed Year, Mobile AR to Drive $108 Billion VR/AR Market by 2021. https://www.digi-capital.com/news/2017/01/after-mixed-year-mobile-ar-to-drive-108-billion-vrar-market-by-2021/#.WgMehVuCzIV.
Djuroto, T. (2006). Manajemen Penerbitan Pers cet III. Bandung: Rosdakarya.
Erwin. (2017). 5 Trend Teknologi yang Mempengaruhi Konsumen di 2017. https://tekno.tempo.co /read/news/2017/05/20/072877041/5-tren-teknologi-yang-mempengaruhi-konsumen-di-2017
Fazriansyah, M.I., Agustina, H., dan Nurruzaman. (2014). Manajemen Redaksional pada Surat Kabar Harian Umum Radar Cirebon. Jurnal Aspikom.Vol.2, no.2 p.85-102.
Frohlich, D.M. et all (2017). Designing Interactive Newsprints. International Journal of Human-Computer Studies. 104 (2017) p. 36-49.
Javornik, A. (2016). Augmented Reality: Research Agenda for Studying Impact of its Media Characteristic on Consumer Behaviour. Journal of Retailling and Consumers Services, 30 (2016) p. 252-261.
Katadata. (2016). Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019. http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016 /08/08/pengguna-smartphone-di-indonesia-2016-2019
Mahbud, T. (2017). Augmented Reality in Newspaper is a Success for Nissan. http://www.printpower.eu/UK/ Augmented-reality-in-newspaper-is-a-success-for-Nissan
McQuails, D. (2011) Teori Komunikasi Massa Ed. 6 (terj). Jakarta: Salemba Empat.
Philip, M. (2009). The Vanishing Newspaper 2nd ed. USA: Missiouri Press.
Milles, M.B., Huberman, A.M., Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis 3rd ed. USA: Sage.
Pantano, E. et all (2017). Enchancing the Online Decission Making Process by Using Augmented Reality: a Two Country Comparison of Youth Markets. Journal of Retailing and Consumer Services, 38 (2017) p. 81-95.
Prigg, M. (2014). Google Glass for War: The US Military Funded Smart Helmet that Can Beam Information to Soldiers on The Battlefiled. http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2640869/Google-glass-war-US-military-reveals-augmented-reality-soldiers.htmlRaja, Picanto& Vaco Calvo (2016.) Augmented Reality: An Ecological Blend. Cognitive System Research. 28 November 2016.
Sugiya, A. (2012). Strategi Konvergensi Media: Studi Kasus Grand Strategi Harian Kompas. Thesis. Universitas Indonesia.
Sularto, S. (2011). Bersyukur Tiada Akhir. Jakarta: Kompas.
Woodside, A. (2010). Case Study Research. UK: Emerald.
Yin, R.K. (2003). Case Study Research 3rd ed. USA: Sage.
Yuganto, S.P. (2015). 2015: Musim Gugur Pers, Aksi Polisi Menjadi-jadi. https://aji.or.id/read/berita/ 479/2015 -musim-gugur-pers-.html