Motif Penggunaan Internet Dikalangan Remaja di Kota Makassar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Internet merupakan sebuah jaringan komputer globalraksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini. Di sisi lain, kemajuan ini menimbulkan berbagai persoalan diantaranya plagiasi, pornografi, cyber crime, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motif penggunaan internet dikalangan remaja di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan jumlah responden 178 remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan internet dikalangan remaja sangat tinggi. Namun, motif penggunaannya lebih banyak berupa hiburan dan prestise. Sementara motif pengetahuan relatif lebih rendah.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Bulaeng, Andi. (2002). Teori dan Manajemen Riset Komunikasi. Jakarta: Narendra.
Wahyuni, Lussy Dwiutami dan Evita. (2009). Tingkat Literasi Mahasiswa Terhadap Media dan Informasi (Media And InformationLiteracy).http://lussysf.multiply.com/journal/item/69, diakses 7 April 2013.
Kompasiana.com, diakses: 15 April 2013.
McQuail, Denis & Sven Windahl. (1981). Communication Models: For The Study of Mass Communications. New York: Longman Inc.
Rakhmat, Jalaludin. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.
Sari, Rizki Masyita dan Syarifa Hanoum. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Internet terhadap Peningkatan Kinerja UKM Menggunakan Metode Structural Equation Modelling. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1, Sept, 2012.
Severin, Werner J. & J.W. Tankard,Jr. (2005). Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media
Tekno.liputan6.com.2013. diakses 7 April 2013