Opini Publik Terhadap Kasus “KPK Lawan Polisi” dalam Media Sosial Twitter
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Sudibyo, A. (2012). Jurnalisme Warga. Kompas 13 Oktober 2012.
Blumer, H. (1967). Interactionism. New Jersey : Prentice-Hall. 9.
Darajati, Z. K. (2013). Gerakan Sosial Mahasiswa Komunikasi FISIP Universitas Airlangga Pada Ruang Publik Facebook. Jurnal Media Komunitas Volume : 2 - No. 1 Terbit : 1 2013. http:// journal. unair.ac.id/ filerPDF / abstrak_4705135_ tpjua.pdf. akses 16 Juli 2014.
Deller, R. (2011). Twittering on: Audience research and participation using Twitter. Participaions Journal of Audience & Reception Studies, Vol. 8 Issue 1 (May 2011). http://www.participations.org/Volume%208/Issue%201/deller.htm, akses 16 Juli 2014.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bhakti. 35.
Elcom. (2010). Twitter Best Social Networking. Yogyakarta : Penerbit Andi. 1.
Huberman, B. A., Wu, F. (2007). Novelty and collective attention. Proceedings of the National. 20.
Hidayat, R. (2011) Media Sosial Sebagai Alat Pembentuk Opini. http://www.ridwanhidayat.com/2011/02/media-sosial-sebagai-alat-pembentuk.html, diakses 28 Agustus 2013.
Holsti, O. R. (1969). Content Analysis for the Social Science and Humanitiens. Massachusetts : Addison-Wesley Publishing. 28.
Husni, A. C. (2013). Opini Publik di Media Sosial Twitter. (Analisis Isi Opini Kekerasan Seksual Pada Anak). http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/7324/pdf?sequence=1, akses 16 Juli 2014.
Kompas.com. (2012). Jurnalisme Warga Perlu etika. http://nasional.kompas.com/read/2010/04/12/1724043/Jurnalisme.Warga.Tetap.Perlu.Etika, diakses 28 Agustus 2013.
Merdeka.com. (2012) Perseteruan Panas KPK vs Polisi di 2012. http://www.merdeka.com/peristiwa/perseteruan-panas-kpk-vs-polri-di-2012.html, diakses 5 September 2013.
O'reilly, T. dan Milstein, S. (2009) The Twitter Book. http://books.google.co.id/books?id=kHRvB9pp1RwC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false, akses 4 September 2013.
Sandi, A. (2012). Analisis Isi Opini Followers Akun Twitter @Interclubindo, 2012. akses 4 September 2013. 1.
Sunni, I., Widyantoro, D.H. (2012). Analisis Sentimen dan Ekstraksi Topik Penentu Sentimen pada Opini Terhadap Tokoh Publik di Jejaring Sosial. Jurnal Sarjana Institut Teknologi Bandung Bidang Teknik Elektro dan Informatika. Volume 1, Number 2, Juli 2012. 4.
Susanto, Astrid, S. (1975). Pendapat Umum. Bandung : Bina Cipta.156.
Xiong, Fei dan Liu, Y. (2014). How Twitter Shapes Public Opinion. Journal Chaos. AIP. Cahaos An Interdisciplinary Journal of Nonlinier Science. http://www.aip.org/ publishing /journal-highlights/how-twitter-shapes-public-opinion, akses 16 Juli 2014