DAMPAK PERMAINAN ELEKTRONIC GAME PADA IKATAN EMOSI ANAK DAN HILANGNYA SENSE OF PLACE ANAK PADA RUANG TERBUKA DI KELAPA GADING JAKARTA UTARA

Ratna Ratna

Abstract

Budaya bermain telah mengalami perubahan dalam dua dekade terakhir ini. Perubahan tersebut salah satunya diakibatkan oleh adanya media dan electronic game. Sebelumnya budaya bermain lebih berorientasi ke luar ruangan dan melibatkan banyak gerakan fisik, sekarang budaya bermain lebih berorientasi ke dalam ruangan dan cenderung tidak bergerak (sedentary). Penelitian ini ingin mengungkapkan perubahan budaya bermain yang disebabkan oleh electronic game dan implikasinya pada ikatan emosi anak-anak serta hilangnya sense of place anak-anak di ruang terbuka. Penelitian ini menggunakan kajian etnografi, studi kasus dilakukan pada komunitas anak-anak usia sekolah dasar yang secara intensif menggunakan electronic game untuk rentang waktu yang cukup lama (5-6 tahun), berasal dari keluarga kecil berpendidikan modern, tinggal di lingkungan perkotaan dan lingkungan perumahan tertutup (gated community) di Kelapa Gading Jakarta Utara.. Penelitian ini mengungkapkan bahwa batasan orang tua akan kemandirian anak untuk bermain di luar menjadikan electronic game sebagai solusi orang tua yang kemudian mengakibatkan electronic game mengisi kekosongan dan menggeser budaya bermain sebelumnya. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa perubahan budaya bermain diakibatkan oleh pemaknaan anak-anak terhadap electronic game sebagai suatu pengalaman emosi positif yang menyenangkan. Perubahan budaya bermain juga mengakibatkan berkurangnya atau hilangnya sense of place anak-anak di ruang terbuka, yang diakibatkan oleh pemaknaan anak-anak terhadap ruang terbuka sebagai pengalaman akan rasa takut.


Keywords


perubahan budaya bermain, electronic game, sense of place


References

Aziz, N. F., & Said, I. (2012). The Trends And Influential Factors Of Children's Use Of Outdoor Environments: A review. Procedi - Social and Behavioral Sciences. Vol 38, Hal 204-212.

Benson, C. L. (2009). Changing Places: Children's Experience Of Place During Middle Childhood. (Master of Arts Social Science), The Faculty of Humboldt State University.

Clements, R. (2004). An Investigation Of The Status Of Outdoor Play. Contemporary Issues in Early Childhood. Vol 5, Hal 68-80.

Derr, V. (2002). Children's sense of place in Northern New Mexico. Journal of Environmental Psychology, 22(1-2), 125-137.

Erikson, E. H. (1982, 1997). The life cycle completed: Extended version New York: W.W. Norton

Huizinga, J. (1950). Homo Ludens: A Study Of The Play Elements In Culture. Boston: Beacon Press.

Jack, G. (2008). Place Matters: The Significance Of Place Attachments For Children's Well-Being. British Journal of Social Work, 40(3), 755-771.

Jessen, C. N., C. B. (2003). The Changing Face Of Children's Play Culture: Children's Play, Learning And Communication In A Technology Driven World: Lego Learning Institute.

Loukaitou-Sideris, A., & Sideris, A. (2009). What Brings Children To The Park? Analysis And Measurement Of The Variablesa Affecting Children's Use Of Parks. Journal of the American Planning Association, 76(1), 89-107.

Masters, P. A. (2008). Play Theory, Playing And Culture. Sociology Compas, 2(3), 856-869.

McCarrick, K. X. (2007). Buried Treasure: The Impact Of Computer Use On Young Children's Social, Cognitive, Language Development And Motivation. AACE Journal, Vol 15, Hal 73-95.

Najafi, M. S., M. Kamal B. M. (2011). The Concept Of Place And Sense Of Place In Architectural Studies. International Journal of Human and Social Sciences, 6(3), 187-193.

Olson, C. K. (2010). Children's Motivations For Video Game Play In The Context Of Normal Development. Review of General Psychology. Vol 14(2), Hal 180-187.

Shamai, S. (1991). Sense of place: An empirical measurement. Geoforum, Vol 22(3), Hal 347.

Sipe, N., Buchanan, N. & Dodson, J. (2006). Children in the urban environmentr: A Review of Research. In B. S. Gileeson, N. (Ed.), Creating Child Friendly Cities: Reinstating Kids in the City (Hal. 86-102). New York: Routledge.

Subrahmanyam, K., Kraut, R. E., Greenfield, P. M., & Gross, E. F. (2000). The Impact Of Homecomputer Use On Children's Activities And Development. The Future of Children, Vol 10(2), Hal 123

Tranter, P. (2006). Overcoming Social Traps: A Key To Creating Child Friendly Cities. In B. S. Gileeson, N. (Ed.), Creating Child Friendly Cities: Reinstating Kids in the City (Hal. 121-135). New York: Routledge.

Williams, M., Jones, O., Fleuriot, C., & Wood, L. (2005). Children and Emerging Wireless Technologies: Investigating the Potential for Spatial Practice.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpkp.v15i2.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.