SIARAN KEARIFAN LOKAL PADA RADIO KOMUNITAS DI SMK MUHAMADYAH SUMEDANG

Neti Sumiati Hasandinata

Abstract

Pertumbuhan radio komunitas, termasuk radio komunitas  di lingkungan pendidikan di Provinsi Jawa Barat cukup dinamis, termasuk di Kabupaten Sumedang. Hal ini ditandai dengan banyaknya radio komunitas yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan informasi komunitas, seperti komunitas pertanian, komunitas kesehatan, dan komunitas pendidikan. Radio komunitas menyuarakan informasi dari dan untuk komunitas. Radio komunitas di lingkungan sekolah menyuarakan berbagai aspirasi serta peristiwa lokal yang ada di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan siaran kearifan lokal pada radio komunitas di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhamadyah Sumedang, melalui aspek profil, program siaran, dan kontribusi dalam mengangkat kearifan lokal di lingkungan sekolah dalam kaitannya dengan peran menanamkan nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, penentuan informan dilakukan secara purposif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan dari profil radio komunitas bahwa pendirian radio komunitas dirancang dengan matang. Pengelolaan, infrastruktur, dan perijinan adalah hal-hal yang menunjang eksistensi radio komunitas. Selain itu, program acara radio komunitas cukup berkualitas dan memiliki kontribusi dalam mengangkat kearifan lokal melalui program informasi dan hiburan dengan mengangkat seni budaya Sunda.


Keywords


Siaran Kearifan Lokal, Radio Komunitas, Lingkungan Sekolah


References

Lilis CH, Dede dan Yulianti, N. (2012), Mengusung Radio Komunitas sebagai Basis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal. Purwokerto: Universitas Jenderal Sudirman.

Martono J. (2006). Radio Angkringan Timbul Harjo. Makalah dalam Temu Ilmiah Peneliti Kemkominfo. Bogor : Kementerian Kominfo

Rachmiatie, A. (2007). Radio Komunitas Eksalasi Demokratisasi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, J. (1995). Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rosidi, A. (2011). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Sunda. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Singarimbun, M. (1989) Metode dan Proses Penelitian, Dalam Metode Penelitian Survei, Editor Masri Pangaribuan dan Sofian Effendi.

Undang- Undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran

Wibowo, F. (2012). Teknik Produksi Program Radio Siaran. Yogyakarta: Rona Pancaran Ilmu.

http://www.bapenas.go.id Diakses pada 23 Maret 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31346/jpkp.v16i1.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.