PENERAPAN INOVASI KEWIRAUSAHAAN BAGI BISNIS KOMUNIKASI PEMULA: STUDI KASUS STRATEGI BISNIS DI PT EDU MEDIA KOMUNIKA
Main Article Content
Abstract
Ketika terjadi perubahan struktur bisnis komunikasi dan media massa, dari semula kendala pintu masuk (entry barrier) rumit dan berjenjang khususnya selama era Orde Baru, kemudian pasca Reformasi tahun 1999 menjadi mudah diakses siapa saja, maka secara bisnis lahirlah persaingan maha ketat (hypercompetition). Di sisi lain, ketika urgensi dan pemanfaatan ilmu komunikasi dan kewirausahaan di masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir meningkat tajam, maka diperlukan medium penerapan yang tepat sehingga kemanfaatan kedua ilmu tersebut kian meluas. Karenanya, sebagai rumusan masalah, tulisan ini menjabarkan bagaimana strategi perusahaan bisnis komunikasi pemula agar eksis bersaing dan memperluas pertumbuhan bisnisnya, terutama dengan penerapan strategi inovasi kewirausahaan. Dengan menggunakan metode deskriptif, penelitian menjelaskan strategi inovasi bagi perusahaan bisnis komunikasi pemula seperti di PT Edu Media Komunikasi (EMK), Bandung, sepanjang tahun 2014 lalu. Penelitian ditujukan untuk mencari perbandingan strategi bisnis perusahaan komunikasi, yang selain bisa memberikan masukan akademis sistematis bagi manajemen EMK, juga menjadi rujukan bagi perusahaan sejenis maupun lintas usaha. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi inovasi kewirausahaan terbukti bisa menciptakan nilai tambah, pembaruan produk/jasa, pembaruan proses dan inovasi pemasaran, yang akhirnya menciptakan performa bisnis meningkat signifikan serta lahirnya kapabilitas - portofolio baru perusahaan. Namun demikian, masih diperlukan penguatan strategi dengan memasukannnya ke sistem operasi prosedur.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Brazel DV. H. (1997). The Genesis of Entrepreneurship. New York: Sage Publication.
Gibson, J. (2000). Organization Behavior Structure Processes Boston: McGraw Hill
Koentjaraningrat. (1994). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Musselman, V. (1989). Ekonomi Perusahaan, Konsep dan Praktek Perusahaan. Jakarta: Intermedia.
McQuail, D. (1991). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Moleong, L. J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Grossberg, L. et al. (1998). The Interpretation of Meaning in Media. New York: Sage Publications.
Rogers, E. (1971). Communication of Innovations. New York: Macmillan Publishing.
Suryana. (2003). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Wirasasmita, Y. (1982). Buku Pegangan Kewirausahaan. Sumedang: Penerbit.
Wijaya, Cece, dkk. (1992). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.