TINDAK TUTUR KOMUNIKASI DALAM AKTIVITAS OUTBOUND CALL PROGRAM INDIHOME TRIPLE PLAY OLEH VIRTUAL ACCOUNT MANAGER PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA

Main Article Content

Ines Janan Shabira
Martha Tri Lestari
Berlian Primadani

Abstract

Penelitian ini membahas unit terkecil yang terdapat dalam komunikasi bahasa yaitu Tindak Tutur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana tindak tutur komunikasi yang ada dalam aktivitas outbound call program IndiHome Triple Play. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis percapakan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Lokusi ditemukan pada seluruh tuturan Agent. Ilokusi ditemukan sebagai ‘Arti’ dari apa yang disampaikan Agent. Agent menstimuli sebuah makna dari apa yang ia sampaikan kepada lawan bicaranya. Dan pelanggan dapat memaknai ketika lokusi sudah disampaikan. Perlokusi secara sempurna ditemukan karena ilokusi nya sudah sampai pada pelanggan, makna dari apa yang kita sampaikan sudah dirasa oleh pelanggan dan secara langsung melihat efek dari apa yang kita sampaikan kepada pelanggan. 

Article Details

Section
Articles

References

Baier, M. (1983). Elements of Direct Marketing. USA: McGraw Hill.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). New Jersey: Pearson Education Inc.

Leech, G. (1983). Prinsip-Prinsip Pragmatik. (Terjemahan MDD Oka). Jakarta: Indonesia University Press.

Moleong, L . (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Edisi Revisi) Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sobur, A. (2013). Filsafat Komunikasi: Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.