TINDAK TUTUR KOMUNIKASI DALAM AKTIVITAS OUTBOUND CALL PROGRAM INDIHOME TRIPLE PLAY OLEH VIRTUAL ACCOUNT MANAGER PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas unit terkecil yang terdapat dalam komunikasi bahasa yaitu Tindak Tutur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana tindak tutur komunikasi yang ada dalam aktivitas outbound call program IndiHome Triple Play. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis percapakan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Lokusi ditemukan pada seluruh tuturan Agent. Ilokusi ditemukan sebagai ‘Arti’ dari apa yang disampaikan Agent. Agent menstimuli sebuah makna dari apa yang ia sampaikan kepada lawan bicaranya. Dan pelanggan dapat memaknai ketika lokusi sudah disampaikan. Perlokusi secara sempurna ditemukan karena ilokusi nya sudah sampai pada pelanggan, makna dari apa yang kita sampaikan sudah dirasa oleh pelanggan dan secara langsung melihat efek dari apa yang kita sampaikan kepada pelanggan.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Baier, M. (1983). Elements of Direct Marketing. USA: McGraw Hill.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). New Jersey: Pearson Education Inc.
Leech, G. (1983). Prinsip-Prinsip Pragmatik. (Terjemahan MDD Oka). Jakarta: Indonesia University Press.
Moleong, L . (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Edisi Revisi) Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sobur, A. (2013). Filsafat Komunikasi: Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.