PENGARUH AKTIVITAS PROMOSI BANK MANDIRI DALAM MENARIK DAN MEMPERTAHANKAN NASABAH DI MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh promosi dalam menarik dan mempertahankan nasabah serta mengetahui bentuk promosi yang paling berpengaruh bagi masyarakat dalam menarik dan mempertahankan nasabah. Tulisan ini merupakan studi empirik yang menganalisa aktivitas promosi dan dampaknya dalam menarik dan mempertahankan nasabah lama dengan indikator Attention, Interest, Decision dan Action (AIDA) dan nasabah baru dengan indikator loyalitas dan ratention Bank Mandiri Hub Makassar Kartini. Penelitian ini menggunakan analisa kuantitatif yaitu regresi berganda dan chi square dengan mengambil pihak manejemen dari Bank Mandiri dan nasabah sebagai unit observasi. Data tersebut diolah melalui program SPSS 13,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan memiliki pengaruh yang besar dalam menarik dan mempertahankan nasabah dan bentuk promosi yang paling berpengaruh dalam menarik dan mempertahankan nasabah adalah penjualan tatap muka.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Alma, B. (1992). Dasar-Dasar Bisnis dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Bank Mandiri. (2003). Satu Hati, Satu Negeri, Satu Bank (Laporan Tahunan 2003).
Bulaeng, A. (2000). Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Makassar: Hasanuddin University Press.
--------, (2000). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
-------, (2002). Teori dan Manajemen Riset Komunikasi. Jakarta: Narendra.
Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Cummins, J. (1991). Promosi Penjualan. Jakarta: Binarupa Aksara.
Kasali, R. (1994). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Graffiti.
Ruslan, R (1994). Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Salusu, J. (1996). Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Grasindo.
Tjiptono, F.(1995). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.