PENGARUH AKTIVITAS PROMOSI BANK MANDIRI DALAM MENARIK DAN MEMPERTAHANKAN NASABAH DI MAKASSAR

Main Article Content

Indrayanti Indrayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh promosi dalam menarik dan mempertahankan nasabah serta mengetahui bentuk promosi yang paling berpengaruh bagi masyarakat dalam menarik dan mempertahankan nasabah. Tulisan ini merupakan studi empirik yang menganalisa aktivitas promosi dan dampaknya dalam menarik dan mempertahankan nasabah lama dengan indikator Attention, Interest, Decision dan Action (AIDA) dan nasabah baru dengan indikator loyalitas dan ratention Bank Mandiri Hub Makassar Kartini. Penelitian ini menggunakan analisa kuantitatif yaitu regresi berganda dan chi square  dengan mengambil pihak manejemen dari Bank Mandiri dan nasabah sebagai unit observasi. Data tersebut diolah melalui program SPSS 13,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  promosi yang dilakukan memiliki pengaruh yang besar dalam menarik dan mempertahankan nasabah dan bentuk promosi yang paling berpengaruh dalam menarik dan mempertahankan nasabah adalah penjualan tatap muka. 

Article Details

Section
Articles

References

Alma, B. (1992). Dasar-Dasar Bisnis dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Bank Mandiri. (2003). Satu Hati, Satu Negeri, Satu Bank (Laporan Tahunan 2003).

Bulaeng, A. (2000). Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Makassar: Hasanuddin University Press.

--------, (2000). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

-------, (2002). Teori dan Manajemen Riset Komunikasi. Jakarta: Narendra.

Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cummins, J. (1991). Promosi Penjualan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Kasali, R. (1994). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Graffiti.

Ruslan, R (1994). Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Salusu, J. (1996). Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Grasindo.

Tjiptono, F.(1995). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.