GAYA KOMUNIKASI KETUA KELOMPOK WANITA TANI (STUDI KASUS KWT PUSPASARI DI KOTA BOGOR)

Main Article Content

nfn Sopian
Sarwititi Sarwoprasodjo
Aida Vitayala S
nfn Hubeis
Dwi Retno Hapsari

Abstract

Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Bogor berperan penting dalam praktik pertanian perkotaan. Akan tetapi, jumlah KWT mengalami penurunan dan salah satu penyebabnya adalah peran dari Ketua KWT. Selain telah berdiri cukup lama di Kota Bogor dan tetap eksis hingga kini, KWT Puspasari juga pernah menorehkan prestasi yang mengharumkan Kota Bogor di tingkat provinsi. Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus ini mengungkap gaya komunikasi dan gaya kepemimpinan ketua KWT Puspasari. Hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan diskusi kelompok menunjukkan bahwa Ketua KWT Puspasari menerapkan gaya komunikasi yang action-oriented, process-oriented, people-oriented, dan ideas-oriented. Selain itu, Ketua KWT Puspasari memperlihatkan berbagai gaya komunikasi kepemimpinan yang khas yaitu: 1) menyesuaikan diri dengan keadaan anggota/kelompok, 2) menunjukkan kerelaan berkorban, 3) memperlihatkan kemauan keras, 4) memberikan keteladanan, 5) menunjukkan rasa bangga terhadap anggota, 6) berorientasi pada kebersamaan, 7) menghendaki anggota agar aktif dan kreatif, 8) mendorong inisiatif/inovasi/kreativitas, 9) memperlihatkan sosok serba bisa, dan 10) memanfaatkan peluang. Sepuluh gaya komunikasi kepemimpinan ini memperlihatkan adanya inspirasi, motivasi, atau keteladanan dari Ketua KWT sehingga para anggota mengikuti kepemimpinannya.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

nfn Sopian, IPB University

 

BIODATA SINGKAT

 

Keterangan diri :       

Nama                           : Sopian, S. Sos., M.I.K

Tempat, tgl lahir           : Bogor, 18 Juni 1973

Status pernikahan         : Menikah       

Alamat rumah              : Jl. H. Abdullah RT.05/03 No. 69  Kel.  Sukabumi  

                                         Selatan  Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11560

Telepon                       : 0896 3285 7258

Email                          : sopianmhd@gmail.com    

 

Pendidikan terakhir :

  • S1 Ilmu Komunikasi, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (IISIP Jakarta)  1993-1999 (pernah cuti kuliah selama 2 semester)  
  • S2 Ilmu Komunikasi, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) (2012-2014)
  • Mahasiswa S3 Komunikasi Pembangunan, IPB (2017-sekarang)

 

Organisasi :

  • Anggota Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Wakil Kepala Bagian Penerbitan (2013 – 2014)  

 

Pengalaman kerja antara lain :

  • Magang wartawan di kantor Pemberitaan Angkatan Bersenjat, Jakarta (1994)
  • Wartawan Majalah Harmonis, Jakarta (1997)
  • Wartawan Bogor Pos, Bogor (1998)
  • Wartawan Perhubungan Wahana, Jakarta (1999)
  • Pemimpin Redaksi Tabloid Jihad, Jakarta (1999)
  • Anggota pengurus salah satu organisasi perusahaan, ASPEMBAYA, Jakarta (2000-2001)
  • Creative Director Majalah Public Relations PERSON dan Program Public Relations PERSON TV (2007)
  • Pemimpin Redaksi Majalah Internal Organisasi IKAH (2011-2012)
  • Trainer/Motivator PCB Learning (2011-sekarang)
  • Penulis dan Editor di Tazkia Investindo Utama, Jakarta (2008-sekarang)
  • Dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Tangerang 2014 – sekarang
  • Dosen tidak tetap di Universitas Esa Unggul, Jakarta sejak 2014

 

Judul buku yang pernah ditulis antara lain :

  • PR Writing: Konsep, Teori, dan Praktik -  terbit paling lambat Agustus 2016 (sesuai kerjasama penerbitan yang telah ditandatangani dengan penerbit Grasindo, Jakarta)

 

Nara sumber, pelatihan, seminar, dan bedah buku antara lain :

  • Manajemen Cinta Sang Nabi, Universitas Airlangga, Surabaya.
  • Membangun Semangat Kewirausahaan, di salah satu hotel di Puncak, Bogor.
  • Integritas dan Profesionalisme, KPP Penanaman Modal Asing Satu, Jakarta.
  • Media Komunikasi dan Informasi, di salah satu hotel di Puncak, Bogor.
  • Enterpreneurship Kreatif untuk Remaja Kreatif, ‎ di salah satu hotel di Bogor.
  • Remaja Intelek, Wow Keren di salah satu hotel di Puncak, Bogor.
  • Narasumber program motivasi di Depok TV.
  • Internal Public Relations di Pusdiklat Kemenag, Ciputat..
  • Kreatif Memanfaatkan Media Sosial, Hotel Prabu Putra Bagus, Cisarua, Bogor.
  • Pra-Nikah: Satukan Hati Meraih Ridho Illahi, Student Centre, UIN Jakarta.
  • Spiritualitas Remaja: Who am I, Hotel Arimbi, Puncak, Bogor.
  • Membangun Kinerja Satpol PP, Salah satu hotel di Cipayung, Bogor.

 

Demikianlah biodata singkat ini saya tulis dengan sebenarnya untuk diketahui seperlunya.

Terimakasih.

Jakarta, 30 Oktober 2019

Tertanda

 

Sopian, S.Sos., M. I. K

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Amrullah R. A., & Pullaila A. (2015). Persepsi Anggota Terhadap Peran Ketua Kelompok

Wanita Tani. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/322694929-

_persepsi_anggota_terhadap_peran_ketua_kelompok_wanita_tani

Anggunanda F. T., Hasanuddin T., & Nurmayasari I. (2016). Efektivitas Kepemimpinan Ke-

tua Kelompok Tani dalam Difusi Inovasi Pengelolaan Tanaman Terpadu di Kabupa-

ten Lampung Selatan. JIAA: 04(03), 423-429. http://dx.doi.org/10.23960/jiia.-v4i4.%25p

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness: Through

Transformational Leadership (1st ed). Sage Publications.

Barret D. J. (2006). Leadership Communication: A Communication Approach for Senior

Level Managers. Retrieved from https://hodactuc.files.word-press.com/2016-/03/meeting_4_readingleadershipcommunication-acommunication approachforseni-or-level-mana-gers-barrett.pdf

Cangara H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi (2th ed). Rajawali Pers.

Cragan J. F., & Wright D. W. (1980). Communication in Small Group Discussions (1st ed).

West

Chaluvadi N. S. I. L. (2015). Differences in Leadership Styles between Genders: Out-

comes and Effectiveness of Women in Leadership Roles. Business Commons. (2015), 1-14. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/c36b/6997b5 e7a20f787af097486d903b6a676e9f.pdf

Donaldson W., Smit L., Ross S., & O’connor M. (2007).Marketing Communication (1st ed).

Pearson

Djoni, Suprianto, & Cahrial E. (2016). Kajian Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan di Kota

Tasikmalaya. M Agribisnis. 1(3), 223-244.https://doi: 10.25157/ma.v1i3.43

[Deptan] Departemen Pertanian. (2007). Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelom

pok tani dan Gabungan Kelompoktani. Deptan.

[Deptan] Departemen Pertanian. Pusat Penyuluhan Pertanian. 1997. Pedoman Monitoring

dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian. Deptan.

Evans S., Valsecchi F., & Pollastri S. (2012). Eco-Urban Agriculture. Design for distributed

and networked urban farming in Shanghai. Retrieved from https://www. research gate.net/publication/261726111_EcoUrban_Agriculture_Design_for_distributed_and_networked_urban_farming_in_Shanghai

Effendy O. U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik (28th ed). Remadja Rosdakarya

[FAO] Food and Agriculture Organization of United Nations. (2003). Trade Reforms and

Food Security: Conceptualizing the linkages. FAO.

Groves K. S., & LaRocca M. A. (2011). An Empirical Study of Leader Ethical Values,

Transformational and Transactional Leadership, and Follower Attitudes Toward Corporate Social Responsibility. J. Business Ethics. 103(2011),511-528.https://doi.10.1007/s10551-011-0877-y

Guru Besar IPB Usulkan Penataan Kota dengan Urban Farming – Bogor Tribun. Com. (20

, July 13). Bogor Tribun. Retrieved from http://bogor.tribuns-news.com/2017/ 07/13/guru-besar-ipb-usulkan-penataan-kota-dengan-cara-urban-farming.

Haletky N., Taylor O., Weidner J., & Gerbing S. (2006). Urban Agriculture As a Solution

to Food Insecurity: West Oakland and People’s Grocery. Urban Action. (2006), 59-57.http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.120.1606&rep=rep1&type=pdf#page=49

Hutomo F. S., Effendi I., & Silviyanti S. (2018). Kepemimpinan Ketua Kelompok Tani da

lam Meningkatkan Dinamika Kelompok di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Lampung Selatan. JIIA: 1(6),57-64. http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v6i1.57-64

Haq I. M. N., Nurlina L., & Alim S. (2016). Peran Kepemimpinan Ketua Kelompok Peternak

Kambing Perah Terhadap Keberlanjutan Usaha Anggotanya (Studi Kasus di Kelompok Tani Mekar Harapan Kampung Garung Desa Cilengkrang Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung). Students e-journals. 4(5), 1-10. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/10158/4590

Heerden C. H. V., & Cant M. C. (2008). Personal Selling (1st ed). Juta and Co.

Internet Marketing - Marketing Schools.Org. Retrieved from http://www.marketing schools.

org/types-of- marke-ting/internet-marketing.html

Junainah W., Kanto S., & Soenyono. (2016). Program Urban Farming Sebagai Model Pe-

nanggulaan Kemiskinan Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus di Kelompok Tani Ke-

lurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya). Wacana. 19(3), 148-156. Re-

trieved from https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/-article/view/427/343

Kent T. W., Blair C. A., & Rudd H. F. (2010). Gender Differencess and Transformational

Leadership Behavior: Do Both German and Women Lead in the same way? International Journal of Leadership Studies. 6(1), 52-66. Retrieved from https:// www.regent.edu/acad/global/publications/ijls/new/vol6iss1/3_Final%20Edited%20Kent%20et%20al_pp%2051-64.pdf.

Kotler P., & Armstrong G. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran: Principles of Marketing (1st ed).

Prenhalindo.

Lestari M. (2011). Dinamika Kelompok dan Kemandirian Anggota Kelompok Tani dalam

Berusahatani di Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah (thesis). UNS

Littlejohn S.W., & Foss K. A. (2009). Enclyclopedia of Communications Theory (2th ed).

Sage Publication.

Mayfield J., & Mayfield M. (2017). Leadership Communication: Reflecting, Engaging and

Innovating. Business Communication.1(54), 3-10. https://doi.org/10.1177/232948-

-5446

Muhdlor, Eddy B. T., & Satmoko S. (2018). Hubungan Kepemimpinan Ketua dengan Efek-

tivitas Kelompok Tani di Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal: Sungkai 6(1),

-49. Retrieved from http:// e-journal.upp.ac.id/index.php/sungphp/sungkai/arti

cle/view/1522/1207.

Mutmainah R., & Sumardjo. (2014). Peran Kepemimpinan Kelompok Tani dan Efektivitas

Pemberdayaan Petani. Sodality. 2(3),182-199.http://dx.doi.org/10.22500/ Sodality.

v2i3.9425

Muis A. C., Khairani, Sukarjo, & Rahadjo Y.P. (2008). Petunjuk Teknis Teknologi Pendu-

kung Pengembangan Agribisnis di Desa P4MI. BPTP Sulawesi Tengah. Retrieved

from http://pfi3pdata.lit-bang.deptan.go.id/dokum en/one/31/file/Juknis-Pelatihan.

Pdf

Metalisa R., Saleh A., & Tjitopranoto P. (2014). Peran Ketua Kelompok Wanita Tani da

lam Pemanfaatan Lahan Pekarangan yang Berkelanjutan. J Penyuluhan. 10(2), 158-

https://doi.10.25015/penyuluhan.v10i2.9924.

Mardikanto T. (1983). Komunikasi Pembangunan (1st ed). USU Press.

Nurnayetti, Sunandar N., & Sadikin I. (2014). Efektivitas Kebijakan Pengembangan Kawa

san Rumah Pangan Lestari Perkotaan di Jawa Barat. Retrieved from http://pse.lit bang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/PROS_2014_MP_06_SET_Nurnayetti.pdf

Nuryanti S., & Swastika D. K. S. (2011). Peran Kelompok Tani dalam Penerapan Teknologi

Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi.2 (29), 115-18. http://dx.doi.org/10.21 082/ fae.v29n2.2011.-115-128

Point of Sale Promotions - Marketing Schools. Org. Retrieved from http://www. Marketing

School.org/types-of-marketing/point-of-sale marketing.html

Palestini R. (2000). From Leadership Theory to Practice: A Game Plan for Success as a Lea

der (1st ed). Rowman & Littlefield Education

Pertiwi P. P., & Heryadi H. (2012). Peran Kepemimpinan Kontak Tani dalam Proses Difusi

Inovasi Teknologi Pengelolaan Tanaman dan Sumber daya Terpadu Padi. J. Matema

tika, Sains, dan Teknologi, 13 (1), 51-63. Retrieved from http://agenda.lppm.ut.ac.id/

index.php/JMST/article/view/447/379

Pace R.W., & Faules D. F. (2000). Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja

Perusahaan (3th ed). Remaja Rosdakarya.

Robbins SP. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi (5th ed). Erlangga.

Rochayanti C., & Triwardani R. (2017). Analisis Media Komunikasi Pemasaran dalam Pe

nguatan Industri Kecil. J Ilmu Komunikasi.15(3), 240-249. Retrieved from http:// jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2175-/1913

Syukri A., & Deliyanto B. (2012). Studi Usaha Pertanian Pangan Perkotaan yang Berkelan-

jutan (Studi Kasus Pertanian Pangan Perkotaan yang Berkelanjutan di Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat - Tangerang Selatan). Retrieved from http://repository.ut.

ac.id/6144/

Silalahi U. (2013). Azas-Azas Mananemen (3th ed). Refika Aditama.

Sastro Y. (2013). Pertanian Perkotaan: Peluang, Tantangan, dan Strategi Pengembangan.

Pertanian Perkotaan. (3)1, 29-36. Retrieved from http://jakarta.litbang.pertanian.

go.id/ind/artikel%20bptp/buletin%20strategi%20pengembangan%20pertanian%20

vol3%20no.1%202013.pdf.

Setiawan N., Rochdiani D., & Ramdan M. 2015. Hubungan Antara Perilaku Kepemimpinan

dengan Partisipasi Anggota dalam Kegiatan Gapoktan Pusakamukti. J. Agroinfo Ga

luh. 1(2), 109-116. http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v1i2.244

Takeuchi K .(2005). Identifikasi Karakteristik Kegiatan Bertani Wilayah Perkotaan: Suatu

Studi Urban Agrculture di DKI Jakarta [thesis]. IPB.

(UNDP) United Nation Development Program. 1996. Urban Agriculture: Food, Jobs and

Sustainable Cities. Publication Series for Habitat II. Vol 1. UNDP. Retrieved from

http://urban. agroeco. org/wp-content/uploads/ 2015/12/UNDP-Urban-Agriculture-

Part-one-1.pdf

Wibaningwati D. B., & Susanto H. (2016). Pengembangan Tanaman Obat Keluarga di

Lingkar Kampus Universitas Nusa Bangsa Bogor. Retrieved from http://eprocee-dings.umpwr.ac.id/index.php/pertanian/article/view/205/187

Wibawa D. A. (2019). Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan Transformasional.

Retrieved from https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/35624765/ Kepemimpinan_Transaksional_dan_Transformasional.pdf?response-content disposi tion=inline%3B%20filename%3DKepemimpinan_Transaksional_dan_Kepemimpi.pdf&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=AKIAIWO WYYGZ2Y53UL3A%2F20191004%2Fus-east-1%2Fs3%2Faws4_request&X-Am z-Date=20191004T111955Z&X-Amz-Expires=3600&X-Amz-SignedHeaders=host &X-Amz-Signature=db5548b21a4317a99fcd4b5e7928b7cbcfc5dacdffa030f3813ce c9f68966157

Word of Mouth Marketing - Marketing Schools.Org. Retrieved from from http://www.mar

ketingschools.org/types-of-marketing/word-of-mouth-marketing.ht

Yani D. E., & Farida I. (2014). Pemodelan Tingkat Partisipasi Wanita dalam Pendapatan

Rumah Tangga dan Pengaruhnya Terhadap Konsumsi Keluarga. Universitas Terbu

ka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/5431/1/2014_182.pdf

Zezza A., & Tasciotti L. (2010). Urban agriculture, poverty, and food security: Empirical

evidence from a sample of developing countries. Food Policy. 35(20),265–273. Retrieved from https://doi.10.10-16/j.foodpol.2010.04.007