TEKNOLOGI KOMUNIKASI PEMANDUAN WISATA: PROSPEK DAN TANTANGAN PEMANFAATAN APLIKASI JAWARA

Main Article Content

nfn Purwadi
nfn Irwansyah

Abstract

Penelitian ini berupaya menganalisis perubahan yang disebabkan oleh kehadiran aplikasi teknologi komunikasi pemanduan wisata kebun raya, yang bernama Jelajah, Belajar dan Wisata di Kebun Raya (JAWARA) dalam beberapa hal. Pertama, studi ini mengkaji perkembangan teknologi komunikasi pemanduan wisata kebun raya dari pemanduan konvensional ke pemanduan berbasis aplikasi. Kedua, tulisan ini membahas prospek dan tantangan pemanfaatan aplikasi JAWARA untuk pemanduan kebun raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur yang dikombinasikan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perkembangan yang signifikan dalam pemanduan wisata kebun raya sejak diluncurkannya aplikasi JAWARA pada 2018. Pemanduan yang semula berbasis konvensional berubah secara perlahan menjadi berbasis aplikasi, meskipun saat ini masih bercampur dengan konvensional. Bukan tidak mungkin jika di masa depan pemanduan berbasis aplikasi akan menggantikan pemanduan konvensional manakala kecerdasan buatan mampu menggantikan peran dari pemanduan konvensional. Penggunaan aplikasi JAWARA memiliki prospek untuk berkembang secara masif seiring pesatnya penggunaan teknologi komunikasi digital yang mendorong meningkatnya jumlah pengunduh dan pengguna aplikasi ini. Adapun tantangan penggunaan aplikasi JAWARA adalah aplikasi ini harus terus terbarukan dengan perkembangan terkini agar dapat digunakan secara maksimal.

Article Details

Section
Articles

References

Alshattnawi, S. (2013). Building Mobile Tourist Guide Applications using Different Development Mobile Platforms. International Journal of Advanced Science and Technology, 54(May), 13–22.

Behringer, W. (2006). Communications Revolutions: A Historiographical Concept. German History, 24(3), 333–374. https://doi.org/10.1191/0266355406gh378oa

Bolat, E. (2014). Why to Use Mobile Technology? In Academy of Marketing Conference (hal. 1–7).

Bryman, A. (2012). Social Research Methods (4th Ed.). Oxford: Oxford University Press.

Burgers, C., Eden, A., de Jong, R., & Buningh, S. (2016). Rousing reviews and instigative images: The impact of online reviews and visual design characteristics on app downloads. Mobile Media and Communication, 4(3), 327–346. https://doi.org/10.1177/2050157916639348

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th Ed.). Los Angeles; London; New Dehli; Singapore; Washington DC: Sage Publications.

Etro, F., & Caffarra, C. (2017). On the economics of the android case. European Competition Journal, 13(2–3), 282–313. https://doi.org/10.1080/17441056.2017.1386957

Goggin, G. (2012). Google phone rising: The Android and the politics of open source. Continuum: Journal of Media & Cultural Studies, 26(5), 741–752. https://doi.org/10.1080/10304312.2012.706462

Islam, R., Islam, R., & Mazumder, T. (2010). Mobile Application and Its Global Impact. International Journal of Engineering & Technology (IJEST), 10(06), 72–78. Diambil dari http://ijens.org/107506-0909 IJET-IJENS.pdf

Jinendra R, D., Bhagyashri R, J., Pranav Y, G., Seema U, V., & Parag N, A. (2012). Smart Travel Guide: Application for Android Mobile. In 1st International Conference on Recent Trends in Engineering & Technology, (hal. Page 115-121).

Khusni, U. (2018). Laporan Aplikasi JAWARA (Jelajah, Belajar dan Wisata di Kebun Raya) Tahun 2018. Bogor.

Khusni, U. (2019). Transkrip Wawancara Aplikasi JAWARA. Jakarta.

Liu, C. Z., Au, Y. A., & Choi, H. S. (2014). Effects of Freemium Strategy in the Mobile App Market : An Empirical Study of Google Play. Journal of Management Information Systems, 31(3), 326–354. https://doi.org/10.1080/07421222.2014.995564

PKT Kebun Raya. (2019). Pemanduan. Diambil 23 Mei 2019, dari http://krbogor.lipi.go.id/id/Pemanduan

Purwadi, P., & Irwansyah, I. (2019). Aplikasi JAWARA: Pemandu Digital Terasa seperti Pemandu Berbasis Komunikasi Analog? Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 123–138. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i1.609

Rahmawaty, L. (2017). Kebun Raya Bogor miliki aplikasi jelajah. Diambil 23 Mei 2019, dari https://www.antaranews.com/berita/658301/kebun-raya-bogor-miliki-aplikasi-jelajah

Rakestraw, T., Eunni, R., & Kasuganti, R. (2013). The mobile apps industry: A case study. Journal of Business Cases and Applications, 9, 26. Diambil dari http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=23277068&AN=90440385&h=7RQ+BpTgE1ySzhBy1cRxVB3wmKr1J7b/nWkcyS/9z2dd4kM9i4WT5Et54ImCIAf2Kj3JLrgNoJ1W/Cea5UpFXw==&crl=c

Schmitz, C., Bartsch, S., & Meyer, A. (2016). Mobile App Usage and its Implications for Service Management – Empirical Findings from German Public Transport. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224(August 2015), 230–237. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.492

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum. Geneva, Switzerland: World Economic Forum. Diambil dari www.weforum.org

Scolari, C. A., Aguado, J. M., & Feijóo, C. (2012). Mobile Media: Towards a Definition and Taxonomy of Contents and Applications. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 6(2), 29–38. https://doi.org/10.3991/ijim.v6i2.1880

Soedarsono, I. B., & Wiyancoko, D. (2015). Desain Sistem dan Sarana Pemandu Wisata untuk Kota Bandung. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain, 1(1), 1–7.

Suprapto. (2017). Aplikasi Jelajah Kebun Raya Bogor. Diambil 23 Mei 2019, dari http://rri.co.id/yogyakarta/post/berita/446822/warna_warni/aplikasi_jelajah_kebun_raya_bogor.html