MANAJEMEN KESAN DISPARBUDPORA SUMENEP DALAM MEMBANGUN CITRA DESTINASI WISATA

Main Article Content

Mohammad Insan Romadhan

Abstract

Dalam industri pariwisata, letak geografis sebuah daerah menjadi hal yang penting dalam mengelola destinasi wisatanya. Sumenep, secara geografis terletak di ujung timur Pulau Madura dan belum memiliki banyak pilihan moda transportasi seperti kota besar lainnya. Akan tetapi, faktanya hal tersebut tidak menjadi masalah, mengingat jumlah wisatawan yang meningkat setiap tahunnya. Melihat fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana manajemen kesan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Sumenep dalam membangun citra destinasi wisata di kota tersebut. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesan untuk membangun citra destinasi wisata di Sumenep, dilakukan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga dengan menggunakan strategi ingratiation, self-promotion dan exemplification. Adapun strategi supplication dan intimidation tidak dilakukan. Hal tersebut tampak dari berbagai kegiatan untuk mengenalkan destinasi wisata yang ada di Sumenep, khususnya dalam Program Visit Sumenep, yang banyak berisi pagelaran, festival dan promosi destinasi wisata alam maupun budaya.
Dimensions

Article Details

Section
Articles

References

Aprinta E.B, G. (2014). “Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta”. Jurnal The Messenger, Vol (04), No (1), hal: 1-7.

Archipelago. (2019). Label: Kalender Pariwisata Sumenep 2018. Diakses pada tanggal 28 Juli 2019 dari https://archipelago-indonesia.com/tag/kalender-pariwisata-sumenep-2018/

Arivin. (2018). Calender of Event Visit Sumenep 2018 yang Wajib Diketahui. Diakses pada tanggal 14 Agustus 2017 dari https://faktualnews.co/2018/01/03/calender-of-event-visit-sumenep-2018-wajib-diketahui/53904/

Bupati Luncurkan.. (2019). Bupati Luncurkan 40 Event Visit Sumenep 2019. Diakses pada tanggal 23 Juli 2019 dari https://portalmadura.com/bupati-luncurkan-40-event-visit-sumenep-2019-187849

Kriyantono, R. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kriyantono, R. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal. Jakarta: Kencana.

Miles, M. B dan A. H. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. (Terj.) Tjetjep Rohendi Rohisi, Jakarta: Universitas Indonesia.

Moerdijati, S. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: Revka Petra Media

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati. T. S., (2019). “Program Corporate Social Responsibility Sebagai Strategi Manajemen Kesan Perusahaan”. Jurnal MetaKom Vol (3) No (1), hal: 95-108.

Romadhan, M. I., Puspaningtyas, A., Rahmadanik, D. (2019). “Proses Komunikasi Dalam Pelestarian Budaya Saronen Kepada Generasi Muda”. Jurnal Pikom: Penelitian Komunikasi dan Pembangunan. Vol. 20(01), hal: 1-12.

Romadhan, M. I., (2019). “Festival Sebagai Media Komunikasi Dalam Membangun Citra Destinasi Wisata Budaya di Sumenep”. Jurnal Destinesia Hospitaliti & Pariwisata.. Vol. 01(01), hal: 1-10.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supanjie. (2019). Inilah Rangkaian Kalender Visit Sumenep 2019, Beserta Lokasi Acaranya. Diakses pada tanggal 19 Juli 2019 dari https://faktualnews.co/2019/04/08/inilah-rangkaian-kalender-visit-sumenep-2019-beserta-lokasi-acaranya/133450/

Windriati, A. R., Darmawan, A. & Romadhan, M.I., (2019). “Peran Public Relations dalam Membangun Citra di Atlantis Land Surabaya”. Jurnal Representamen.. Vol. 51(01), hal: 1-9.