STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA PADA MASA PANDEMI DI KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

Main Article Content

Khuswatun Hasanah
Vivi Indriani
Panji Dwi Ashrianto

Abstract

Penurunan angka kesertaan Keluarga Berencana (KB) dan meningkatnya angka kehamilan pada masa pandemi Covid-19 terjadi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hal ini disebabkan frekuensi penyuluhan yang berkurang, adanya refocusing anggaran, hingga peralihan model penyuluhan KB menjadi daring. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi komunikasi yang dilakukan oleh bidang KB Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Kabupaten Magelang dalam melakukan penyuluhan pada masa pandemi untuk mencegah terjadinya ledakan kelahiran. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Juni 2020 dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara serta menganalisa konten Instagram @ipekbmagelang dan @ipekbjawatengah, data pelayanan Pengendalian Lapangan Program KB Kabupaten/Kota serta data pembinaan kesertaan KB aktif Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan Kabupaten Magelang melakukan proses perencanaan pesan melalui unsur logika pesan yakni logika ekspresif, logika konvensional, dan logika retoris. Pesan dirancang tidak hanya secara luwes, terbuka, dan reaktif, serta tepat, melainkan juga dengan memanfaatkan media baru sebagai alternatif penyuluhan KB sehingga pesan untuk meningkatkan kesertaan KB tetap maksimal.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Khuswatun Hasanah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

References

Bietsch, K., Williamson, J., & Reeves, M. (2020). Family Planning During and After the West African Ebola Crisis. Studies in Family Planning, 51(1), 71–86. https://doi.org/10.1111/sifp.12110

BKKBN, S. P. (2020). Antisipasi Baby Boom pasca Pandemi Covid-19, BKKBN Jalankan Pelayanan KB dengan Tetap Menjaga Jarak dan Konseling Melalui Media Online. Https://Www.Bkkbn.Go.Id/Detailpost/Antisipasi-Baby-Boom-Pasca-Pandemi-Covid-19-Bkkbn-Jalankan-Pelayanan-Kb-Dengan-Tetap-Menjaga-Jarak-Dan-Konseling-Melalui-Media-Online.

Ferreira, A. L. C. G., & Souza, A. I. (2021). The role of telehealth in sexual and reproductive health services in the response to COVID-19. Revista Brasileira de Saúde Materno Infantil, 21(suppl 1), 319–322. https://doi.org/10.1590/1806-9304202100s100019

Ibnu. (2020). Pandemi, Makin Banyak Ibu Hamil. Koran Radar Kedu, 4.

Kemenkes RI. (2020). Panduan Pelayanan Keluarga Berencana dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru. Kemenkes RI.

Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly, K. (2009). New Media: A Critical Introduction (Second Edi). Routledge.

Litha, Y. (2020). Kemiskinan Akibat Pandemi Corona Picu Kerawanan Gizi Anak. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/kemiskinan-akibat-pandemi-corona-picu-kerawanan-gizi-anak/5415460.html

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2008). Teori Komunikasi (Theories of Human Communication) (Edisi 9). Salemba Humanika.

McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. SAGE Publications.

Miles, M. B., & Huberman, M. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. In SAGE Publications (3rd ed., Vol. 28, Issue 4). SAGE Publications. https://doi.org/10.1177/239700221402800402

Nanda, K., Lebetkin, E., Steiner, M. J., Yacobson, I., & Dorflinger, L. J. (2020). Contraception in the Era of COVID-19. Global Health: Science and Practice, 8(2), 166–168. https://doi.org/10.9745/GHSP-D-20-00119

O’keefe, B. J. (1988). The logic of message design: Individual differences in reasoning about communication. Communication Monographs, 55(1), 80–103. https://doi.org/10.1080/03637758809376159

Pranita, E. (2020). BKKBN: Selama Pandemi Corona, Pengguna Kontrasepsi Turun Drastis. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/10/200400223/bkkbn--selama-pandemi-corona-pengguna-kontrasepsi-turun-drastis

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985

Riley, Sully, Ahmed, & Biddlecom. (2020). Estimates of the Potential Impact of the COVID-19 Pandemic on Sexual and Reproductive Health In Low- and Middle-Income Countries. International Perspectives on Sexual and Reproductive Health, 46(2), 73. https://doi.org/10.1363/46e9020

Roberto, I., Kasnawi, T., & Unde, A. A. (2016). Strategi Komunikasi Penyuluhan Program KB Vasektomi untuk Masyarakat Miskin Perkotaan di Makassar. Jurnal