PENGARUH RELASI BUDAYA DALAM PESAN DAN SALURAN POLITIK TERHADAP SIKAP PEMILIH: STUDI KASUS DI PILKADA KOTA MEDAN TAHUN 2020

Main Article Content

Akhyar Anshori
Rudianto Rudianto
Abrar Adhani
Nurhasanah Nasution

Abstract

Kota Medan menjadi salah satu wilayah yang akan melaksanakan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) langsung yang diselenggarakan secara serentak bersama 269 daerah lainnya. Kota Medan sendiri merupakan kota yang terdiri dari berbagai suku bangsa yang ada, baik suku bangsa yang berasal asli dari Sumatera Utara, maupun suku bangsa yang hadir dari Propinsi lain bahkan ada beberapa suku bangsa yang berasal dari luar Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi terkait dengan pesan politik yang menggunakan identitas budaya dan saluran politik yang digunakan peserta pemilu yang memungkinkan terjadinya perubahan sikap memilih dari para pemilih Kota Medan pada pelaksanaan Pilkada Kota Medan Tahun 2020. Kajian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui alat bantu kuesioner yang dilakukan kepada 400 orang responden dan dilakukan pada bulan Februari 2020. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif korelasional dengan uji korelasi pearson’s product moment dan regresi berganda (multiple regression) menggunakan alat bantu software SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) sekitar 27,2 % adanya hubungan antara budaya dalam pesan politik terhadap sikap pemilih, (2) sekitar 50,2 % adanya hubungan antara saluran politik terhadap sikap pemilih, dan (3) adanya hubungan secara simultan antara budaya dalam pesan politik dan saluran politik terhadap sikap pemilih sebesar 36 %.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Akhyar Anshori, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Ilmu Komunikasi

Rudianto Rudianto, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Ilmu Komunikasi

Abrar Adhani, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Ilmu Komunikasi

Nurhasanah Nasution, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Ilmu Komunikasi

References

Adhani, A., P. Nashrudin, A., Tunggali, A. P. P. W., Maulana, A., Adriyani, A., Anggoro, A. D., & Amin, W. A. A. B. W. M. (2017). Komunikasi berkemajuan dalam dinamika media dan budaya. Yogyakarta: Litera.

Angga, D. (2019, June 17). 270 Daerah Selenggarakan Pilkada di Tahun 2020. Koran Sindo. https://nasional.sindonews.com/berita/1412175/12/270-daerah-selenggarakan-pilkada-di-tahun-2020

Anshori, A. (2018). Pengaruh Iklan Politik Terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 132–144. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/interaksi.v2i2.2091

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Born, A., van Eck, P., & Johannesson, M. (2018). An Experimental Investigation of Election Promises. Political Psychology, 39(3), 685–705. https://doi.org/10.1111/pops.12429

Chou, H., & Yeh, M. (2017). Minor language variations in campaign advertisements : The e ff ects of pronoun use and message orientation on voter responses. Electoral Studies, August, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2017.10.006

Coxall, B., Robins, L., Leach, R., Coxall, B., Robins, L., & Leach, R. (2003). The mass media and politics. Contemporary British Politics, 156–169. https://doi.org/10.1007/978-1-349-14821-9_10

Dupont, J. C., Bytzek, E., Steffens, M. C., & Schneider, F. M. (2019). Which kind of political campaign messages do people perceive as election pledges? Electoral Studies, 57, 121–130. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2018.11.005

Eberl, J. M., & Plescia, C. (2018). Coalitions in the news: How saliency and tone in news coverage influence voters’ preferences and expectations about coalitions. Electoral Studies, 55(July), 30–39. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2018.07.004

Green, D. P., & Schwam-Baird, M. (2016). Mobilization, participation, and American democracy: A retrospective and postscript. Party Politics, 22(2), 158–164. https://doi.org/10.1177/1354068815605678

Gurevitch, M., Coleman, S., & Blumler, J. G. (2009). Political communication -old and new media relationships. Annals of the American Academy of Political and Social Science, 625(1), 164–181. https://doi.org/10.1177/0002716209339345

Hanafiah, R. (2016). Bahasa Komunikasi Partai Politik Lokal di Aceh. Tangerang: Mahara Publishing.

Hassell, H. J. G. (2021). Local racial context, campaign messaging, and public political behavior: A congressional campaign field experiment. Electoral Studies, 69(October 2020), 102247. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2020.102247

Humaizi, Yusuf, M., & Sinaga, R. S. (2019). The interest pattern of ethnic groups as supporters: A case study of pilkada of medan city in 2015. Intellectual Discourse, 27(1), 269–283.

Kobayashi, A. (2020). Identity Politics. In International Encyclopedia of Human Geography (Second Edi, Vol. 7). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102295-5.10195-7

Matlock, T. (2012). Framing political messages with grammar and metaphor: how something is said may be as important as what is said. Sigma Xi, The Scientific Research Society, 478. https://www.americanscientist.org/article/framing-political-messages-with-grammar-and-metaphor

Naurin, E. (2014). Is a Promise a Promise? Election Pledge Fulfilment in Comparative Perspective Using Sweden as an Example. West European Politics, 37(5), 1046–1064. https://doi.org/10.1080/01402382.2013.863518

Neuman, W. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson Education Ltd.

Reyes, A. (2015). Building intimacy through linguistic choices, text structure and voices in political discourse. Language and Communication, 43, 58–71. https://doi.org/10.1016/j.langcom.2015.05.002

Saleh, A., Rudianto, R., Anshori, A., & Adhani, A. (2021). Political Communication in Medan Regional Head Election during the Covid-19 Pandemic Komunikasi. Jurnal ASPIKOM, 6(1), 197–207. https://doi.org/10.24329/aspikom.v6i1.849

Schermann, K., & Ennser-Jedenastik, L. (2014). Coalition Policy-Making under Constraints: Examining the Role of Preferences and Institutions. West European Politics, 37(3), 564–583. https://doi.org/10.1080/01402382.2013.841069

Schuck, A. R. T., Vliegenthart, R., & De Vreese, C. H. (2014). Who’s Afraid of Conflict? the Mobilizing Effect of Conflict Framing in Campaign News. British Journal of Political Science, 46(1), 177–194. https://doi.org/10.1017/S0007123413000525

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sudijiono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, & Purwanto. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Thomson, R. (2011). Citizens’ evaluations of the fulfillment of election pledges: Evidence from Ireland. Journal of Politics, 73(1), 187–201. https://doi.org/10.1017/S0022381610000952

Thomson, R., & Brandenburg, H. (2019). Trust and Citizens’ Evaluations of Promise Keeping by Governing Parties. Political Studies, 67(1), 249–266. https://doi.org/10.1177/0032321718764177

TJ, P. (2019, June 14). 23 Kabupaten/Kota di Sumut Ikut Pilkada serentak 2020. Gatra.Com. https://www.gatra.com/detail/news/421826/politic/23-kabupatenkota-di-sumut-ikut-pilkada-serentak-2020

Yamamura, E., & Sabatini, F. (2015). The impact of the media on voters’ attitude toward Junichiro Koizumi and his policy. Japan and the World Economy, 34–35, 24–32. https://doi.org/10.1016/j.japwor.2015.03.003